Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekda dan Kepala Dinas Aceh Tenggara Terpapar Covid-19

Kompas.com - 14/09/2020, 13:14 WIB
Masriadi ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

ACEH TENGGARA, KOMPAS.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Tenggara, Mhd Ridwan, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh Tenggara, Ramisin dilaporkan positif terpapar virus Covid-19 hasil swab test.

Keduanya datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Sahuddin Kutacane, Aceh Tenggara untuk swab test secara mandiri karena mengeluh demam tinggi dan batuk.

Direktur RSUD Sahuddin Aceh Tenggara, Bukhari, dihubungi per telepon, Senin (14/9/2020) menyebutkan, keduanya menjaalni isolasi mandiri di rumah.

Selain itu, tim gugus tugas terus memantau perkembangan kesehatan kedua pejabat daerah itu.

“Secara umum kondisinya baik. Keduanya masuk kategori orang tanpa gejala,” kata Bukhari.

Baca juga: Sumbar Sediakan Penghargaan bagi Warga yang Berjasa Cegah Covid-19

Dia menyebutkan, tim gugus tugas sedang melakukan pelacakan masyarakat atau pegawai yang mengalami kontak langsung dengan kedua pejabat daerah itu.

“Kita akan rapid test, jika reaktif sesuai protokol akan dilanjutkan dengan swab test. Semua kontak langsung dengan kedua pejabat it uterus ditelusuri,” katanya.

Secara umum, sambungnya, selama pandemi 254 pasien telah diambil sampel swab. Dari jumlah itu 220 diantaranya telah dikeluarkan hasil uji sampel oleh Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Banda Aceh.

Baca juga: Penusukan Syekh Ali Jaber, Warga: Banyak Anak Muda, Jadi Enggak Curiga

“Selama ini kita sudah sampai pada angka 25 pasien positif. Dua meninggal dunia, tiga sudah sembuh dan 20 lainnya sedang isolasi mandiri,” katanya.

Dia mengimbau, bagi masyarakat yang mencurigai gelaja terpapar Covid-19 segera memeriksakan diri ke RSUD secara gratis. Rumah sakit plat merah itu kini menyediakan 26 tempat tidur khusus pasien Covid-19.

“Kami imbau masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 silakan datang ke RSUD untuk kita rapid test, dilanjutkan swab test. Ini gratis,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com