Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total Ada 8 Bakal Calon Kepala Daerah di Kalsel Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 08/09/2020, 12:41 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Khairina

Tim Redaksi

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kalimantan Selatan (Kalsel) Sarmudji melaporkan, terdapat total 8 bakal calon (Balon) kepala daerah dan calon wakil kepala daerah di Kalsel yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Empat bakal calon kepala daerah itu diketahui terinfeksi setelah mengikuti rangkaian tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin.

Sedangkan empat lainnya terinfeksi setelah melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri sebelum mendaftar di KPUD masing-masing daerah.

"Hanya empat yang melakukan pemeriksaan kesehatan dan dipastikan positif sementara sisanya itu kan diketahui positif sebelum mendaftar di KPUD masing-masing yang bersangkutan," ujar Sarmudji saat dikonfirmasi, Selasa (8/9/2020).

Baca juga: Bupati Muna Barat Positif Corona, Mendaftar Sebagai Calon Bupati Muna

Keseluruh bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah yang terinfeksi Covid-19, kata Sarmudji, dilaporkan dalam kondisi sehat.

Saat ini, semuanya menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan petugas kesehatan.

Usai melakukan isolasi mandiri, seluruhnya diwajibkan kembali melakukan uji swab lanjutan untuk memastikan apakah masih terinfeksi Covid-19 atau tidak.

"Mereka karantina mandiri dan mereka sehat karena tanpa gejala. Mudah-mudahan dalam beberapa hari kedepan akan di-swab lagi. Semoga saja negatif," jelasnya.

Baca juga: 11 Pasangan Calon Kepala Daerah Jalani Pemeriksaan Kesehatan di Solo, Terapkan Protokol Kesehatan

Sarmudji menambahkan, pemeriksaan kesehatan lanjutan terhadap 4 bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah terpaksa ditunda.

Menurut Sarmudji, tim dokter tak berani melakukan pemeriksaan sampai seluruhnya dinyatakan sembuh sesuai pemeriksaan hasil swab terakhir.

"Pemeriksaan kesehatan yang empat ini ditunda, karena kan tim dokter gak berani.

Mudah-mudahan 10 hari ini sembuh," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com