Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setyo Sukarno Cawabup Pendamping Jekek di Pilkada Wonogiri 2020

Kompas.com - 25/08/2020, 08:59 WIB
Muhlis Al Alawi,
Dony Aprian

Tim Redaksi

WONOGIRI, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menyetujui usulan reposisi bakal calon wakil bupati dari Sriyono diganti Setyo Sukarno mendampingi calon petahana Joko Sutopo di Pilkada Wonogiri 2020.

Sebagai bentuk persetujuan DPP PDI-P, saat ini Setyo Sukarno yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri itu mengikuti sekolah calon kepala daerah yang digelar di Jakarta.

“Usulan reposisi kami disetujui dan rekomendasi calon wakil bupatinya adalah Setyo Sukarno,” ujar Ketua DPC PDIP Kabupaten Wonogiri Joko Sutopo yang dihubungi Kompas.com, Senin (24/8/2020) malam.

Baca juga: Koalisi Gerindra-PKB Usung Mantan Perwira Polisi dan Mantan Anggota KPU Jateng dalam Pilkada Wonogiri

Sebagai bentuk tindak lanjut dari rekomendasi tersebut, kata Jekek, Setyo Sukarno sementara mengikuti pendidikan sekolan calon wakil kepala daerah selama lima hari.

Usai pulang mengikuti pendidikan, Jekek-Setyo Sukarno menyiapkan pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati pada pilkada 2020 di KPUD Kabupaten Wonogiri.

Rencananya, paslon yang juga diusung Partai Golkar dan PAN itu akan mendaftar ke KPUD, Jumat (4/9/2020) saat hari pertama pendaftaran.

Baca juga: Jelang Pilkada 2020, PDI-P Gelar Sekolah Partai

Diberitakan sebelumnya, Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDI-P) belum menerbitkan rekomendasi calon wakil bupati yang akan mendampingi calon petahana Joko Sutopo pada pemilihan kepala daerah (Pilkada ) Wonogiri 2020.

Padahal, pendaftaran paslon cabup-cawabup tingggal dua pekan lagi. Ketua DPC PDI-P Kabupaten Wonogiri, Joko Sutopo disapa Jekek mengatakan, sampai saat ini belum ada surat rekomendasi dari DPP PDI-P cawabup pendamping dirinya.

Dia memperkirakan surat rekomendasi akan terbit pekan depan. "Sampai hari ini DPP PDI-P belum mengeluarkan keputusan dalam bentuk rekomendasi. Kami sudah berkoordinasi dengan DPP. Hasilnya maksimal minggu depan rekomendasi akan diterbitkan oleh DPP untuk Pilkada Wonogiri,” ungkap Jekek saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (19/8/2020) malam.

Sesuai tahapan pelaksanaan Pilkada 2020, pendaftaran pasangan calon akan dibuka Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020).

Soal siapa cawabup pendamping dirinya yang akan direkomendasi, Jekek belum mengetahuinya. Hal itu menjadi kewenangan DPP PDI-P.

Sejatinya, DPP PDI-P sudah menerbitkan rekomendasi pasangan Jekek-Sriyono untuk maju di Pilkada Wonogiri 2020.

Karena faktor gangguan kesehatan yang melanda Sriyono, DPC PDI-P Wonogiri mengusulkan pergantian cawabup baru yakni Setyo Sukarno, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com