Tiru Jawa Barat, Ambon Akan Terapkan PSBB Lokal di Setiap Desa

Kompas.com - 13/08/2020, 21:09 WIB
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat diwawancarai wartawan di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe Ambon, Kamis petang (13/8/2020) KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTYWali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat diwawancarai wartawan di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe Ambon, Kamis petang (13/8/2020)

AMBON, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Ambon berencana menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara lokal di setiap desa untuk mencgah penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengungkapkan, terkait rencana tersebut pihaknya telah membahasnya melalui rapat dan telah mendorong setiap desa untuk menerapkan PSBB lokal di desanya masing-masing.

“Tadi kami sudah rapat juga nanti kami dorong supaya kami memakai pola PSBB lokal. Kami belajar dari Jawa Barat,” kata Richard, kepada waratwan di Desa Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Masih Zona Merah, PSBB Transisi di Ambon Bakal Diperpanjang

Dia menuturkan, saat PSBB lokal itu diterapkan, setiap kepala desa akan bertanggung jawab untuk penanganan dan pencegahan Covid-19 di desanya masing-masing.

Guna merealisasikan rencana tersebut, setiap desa juga akan diminta untuk membuat peraturan desa.

“Jadi, kepala-kepala desa itu nanti bertindak selaku penanggung jawab desanya untuk penanggung jawab PSBB di desanya, nanti itu ada peraturan negeri dan desa,” kata dia.

Dengan peraturan desa yang ada, pemerintah desa akan mengatur setiap warganya, maupun warga dari luar yang akan beraktivitas di desa tersebut.

“Sehingga betul-betul kami batasi Covid-19 ini,” ujar dia.

Baca juga: Warganya Sakit Makan Daging Busuk BPNT, Kepala Desa Ngamuk Buang Daging di Jalan

Adapun untuk wilayah kelurahan, Richard mengaku penanganannya akan dilakukan langsung oleh pemerintah Kota Ambon.

“Pemerintah kota akan berorientasi pada daerah kelurahan di pusat-pusat kegiatan masyarakatnya,” ujar dia.

Ia belum menjelaskan teknis pelaksanaanya dan dukungan sumber dana untuk penerapan PSBB lokal itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X