Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Penumpang Turunkan Kaki, Perahu Terbalik di Danau Tewaskan 3 Wisatawan

Kompas.com - 26/07/2020, 20:32 WIB
Abdul Haq ,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SOPPENG, KOMPAS.com - Diduga kelebihan muatan, sebuah perahu di Danau Tempe, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, terbalik hingga mengakibatkan tiga orang tewas. Lima lainnya selamat dan dievakuasi oleh nelayan, Minggu (26/7/2020).

Peristiwa yang terjadi pada pukul 11.00 Wita, Minggu (26/7/2020) bermula saat sebuah perahu jenis katinting memuat delapan penumpang yang hendak menghabiskan hari libur di rumah terapung, Toddangsaloe, Kelurahan Limpomajang, Kecamatan Marioriawa.

Nahas dalam perjalanan, perahu terbalik dan mengakibatkan tiga warga Dusun Panci, Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa, Rahmat Hidayat (17), Andi Dede Hardiyah Nugrah (26) dan Muhammad Rizaldi (23) meninggal dunia.

Baca juga: Tangis Orangtua Korban Perahu Terbalik di Ogan Ilir: Dia Anak Tunggal, Pergi Ziarah Tak Pamit...

 

Sementara lima korban selamat masing-masing Burhanuddin (23), Ahmad Firdiyan (12) dan Anca Setiawan serta Jumadi (20).

"Sejak tadi malam dia minta izin mau ke Danau Tempe untuk rekreasi," kata Rasidi (50), orangtua Rahmat Hidayat kepada Kompas.com melalui sambungan telepon.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, katinting itu terbalik setelah salah satu penumpang yang juga korban menurunkan kaki ke danau sehingga air masuk ke perahu.

"Baru seratus meter perahu jalan dan ada penumpang yang menurunkan kakinya, jadi masuk air," kata Jumaldi, pemilik perahu.

Baca juga: Perahu Terbalik saat Hendak Ziarah, 4 Guru Honorer di Ogan Ilir Tewas Tenggelam

Ketiga korban ditemukan di dasar danau setelah dua jam pencarian. Para korban langsung dievakuasi ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Marioriawa untuk dilakukan visum dan selanjutnya diserahkan ke pihak keluarga masing-masing. Sementara penyebab kecelakaan perahu ini masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.

"Penyebabnya masih dalam penyelidikan dan tiga korban yang meninggal ini diketahui tak tahu berenang," kata AKP Syamsuddin, Kapolsel Marioriawa melalui pesan singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com