Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Sumedang Mulai Bahas "New Normal" dan Pemulihan Sosial Ekonomi

Kompas.com - 22/05/2020, 08:47 WIB
Aam Aminullah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SUMEDANG, KOMPAS.com - Memasuki hari kedua Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap 3, Pemerintah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, mulai membahas era new normal atau pola baru kehidupan normal.

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, hal ini penting segera dibahas agar kondisi sosial dan ekonomi masyarakat dapat segera pulih kembali.

Untuk itu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Sumedang harus segera menyusun program kebijakan yang dapat mempercepat proses pemulihan sosial dan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Virus Corona Sudah Mencakup Seluruh Banten, Jumlah Pasien 686 Orang

"Saya meminta seluruh kepala OPD, berdasarkan tupoksinya untuk segera menyusun program dan kegiatan yang berdampak pada pemulihan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Dony kepada Kompas.com, Kamis (21/5/2020) malam.

Dony menuturkan, para kepala OPD harus tetap mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang dimiliki dalam rangka pencapaian kinerja terbaik.

Adapun, PSBB Sumedang tahap 3 akan berakhir pada 29 Mei 2020.

"Untuk itu, dalam mempersiapkan era new normal, saya minta manfaatkan sebesar-besarnya untuk mempersiapkan konsep dan langkah aksi setelah pandemi ini," tutur Dony.

Baca juga: Pemenang Lelang Motor Listrik Jokowi yang Ternyata Buruh Bangunan

Dony mengatakan, langkah lain yang harus disiapkan memasuki era normal baru adalah mengubah cara manusia menjalani rutinitas.

Penerapan hal ini terutama dalam kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh masyarakat.

Segala aktivitas ekonomi akan coba dijalankan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berbeda dengan masa sebelum pandemi virus corona.

"Ketika keadaan pulih kembali, kehidupan new normal harus dihadapi masyarakat dengan menerapkan pola hidup baru, pola hidup sehat yang mengikuti seluruh protokol kesehatan," kata Dony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com