Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Corona di Papua: Total 142 Kasus Positif, Satgas Minim Data dari Nduga

Kompas.com - 26/04/2020, 19:35 WIB
Dhias Suwandi,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua mengumumkan penambahan lima kasus positif virus corona baru pada Minggu (26/4/2020). Total 142 kasus positif corona tercatat di Papua.

"Kasus kita hari ini yang positif bertambah lima, dengan demikian junlah kita sebanyak 142. 97 pasien dirawat (68 persen), 38 sembuh (27 persen) dan meninggal lima," ujar juru bicara Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule melalui video conference, Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Ketika Superhero Bagikan Masker dan Sosialisasi Corona di Mimika

Silwanus memerinci sebaran kasus baru tersebut, di antaranya dua dari Kabupaten Jayapura, satu dari Kabupaten Keerom, satu dari Kota Jayapura, dan satu kasus dari Kabupaten Jayawijaya.

Sebanyak 11 kota atau kabupaten di Papua telah masuk dalam zona merah penyebaran virus corona hingga saat ini.

Dalam kesempatan itu, Silwanus mengingatkan pentingnya laporan rutin perkembangan penanganan Covid-19 dari Gugus Tugas Covid-19 di tingkat kabupaten atau kota.

Silwanus menyebut ada beberapa kabupaten yang tak rutin melaporkan perkembangan kasus corona, seperti Kabupaten Nduga.

"Nduga sempat melaporkan tetapi saat ini putus lagi, waktu itu dilaporkan belum ada kasus. Sudah lima hari ini tidak ada laporan," kata Silwanus.

Karena minimnya laporan, Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua tak mengetahui jumlah orang dalam pemantauan, pasien dalam pengawasan, dan pasien positif corona, di Nduga.

Padahal, laporan itu diperlukan untuk menganalisa perkembangan kasus corona di Papua. Analisa itu, kata dia, diperlukan Satgas Penanganan Covid-19 untuk mengambil langkah yang efektif untuk mencegah penyebaran.

"Laporan ini sangat penting untuk menentukan kebijakan di skala provinsi dalam hal penanganan covid-19," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah mengumumkan data terbaru terkait kasus Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Viral Video Ibu dan 2 Anaknya yang Positif Corona Berpelukan di Ambulans

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan, masih ada penularan virus corona di masyarakat.

Berdasarkan data pemerintah hingga Minggu (26/4/2020) pukul 12.00 WIB, terdapat 275 kasus baru Covid-19 di Tanah Air. Penambahan ini menyebabkan total ada 8.882 kasus Covid-19 di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com