Menyoal Kedatangan 316 WNI dari Italia, Dinyatakan Sehat Setelah Karantina di Kapal dan Rapid Tes di Bali

Kompas.com - 03/04/2020, 05:45 WIB
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan para PMI di Bandara Ngurah Rai, Kamis (2/4/2020) IstimewaPetugas melakukan pemeriksaan kesehatan para PMI di Bandara Ngurah Rai, Kamis (2/4/2020)
Editor Rachmawati

KOMPAS.com - Sebanyak 316 anak buah kapal (ABK) Kapal Pesiar MSC Splendida tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Senin (31/3/2020) malam.

Mereka terbang menggunakan pesawat komersil Qatar Ailines dengan rute Genoa, Italia dan transit di Doha sebelum melanjutkan perjalanan ke Denpasar.

Mereka diminta pulang karena pandemi virus corona.

Saat tiba, suhu tubuh mereka diperiksa oleh petugas kesehatan. Tak hanya itu. Mereka juga menjalani rapid test.

Baca juga: Tanpa Karantina, 316 ABK WNI dari Italia Jalani Rapid Test Saat Tiba di Bandara Ngurah Rai Bali

Berdasarkan pemeriksaan menggunakan alat rapid test itu, seluruh ABK dinyatakan negatif Covid-19.

"Begitu tiba di kedatangan mereka diperiksa oleh petugas kesehatan pelabuhan dan dilanjutkan rapid test. Hasilnya negatif dan tidak masuk karantina," kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Bali, Ida Bagus Ngurah Arda saat dihubungi, Selasa (31/3/2020).

Saat tiba di Bali, para ABK dari Italia itu tidak menjalani karantina.

Menurut Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Elfi Amie, para ABK telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Genoa dan dinyatakan sehat.

Baca juga: Penumpang Antre Panjang di Imigrasi Bandara Ngurah Rai, Kemenkumham Bali Minta Maaf

Telah dikarantina 14 hari di kapal

Sejumlah calon penumpang pesawat berada di kawasan Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (13/3/2020). Pengelola Bandara Ngurah Rai mencatat selama bulan Februari 2020 telah melayani sebanyak 724.898 orang penumpang rute domestik dan 833.855 orang penumpang rute internasional atau menurun sekitar 12 persen jika dibandingkan dengan periode bulan Februari 2019. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/pd.ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF Sejumlah calon penumpang pesawat berada di kawasan Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (13/3/2020). Pengelola Bandara Ngurah Rai mencatat selama bulan Februari 2020 telah melayani sebanyak 724.898 orang penumpang rute domestik dan 833.855 orang penumpang rute internasional atau menurun sekitar 12 persen jika dibandingkan dengan periode bulan Februari 2019. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/pd.
Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar, Lucky Tjahjono mengatakan mereka tak dikarantina setelah tiba di Bali karena telah dikarantina selama 14 hari di kapal tempatnya bekerja.

Mereka juga sudah dinyatakan sehat oleh otoritas kesehatan Italia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X