Gubernur Sulut Geser Anggaran Pilkada untuk Penanganan Covid-19

Kompas.com - 31/03/2020, 21:14 WIB
Gubernur Olly saat diwawancara usai rapat paripurna di Kantor DPRD Sulut, Jumat (15/11/2019) pukul 10.30 KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEYGubernur Olly saat diwawancara usai rapat paripurna di Kantor DPRD Sulut, Jumat (15/11/2019) pukul 10.30

MANADO, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, anggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 yang belum terpakai digeser untuk penanganan virus corona ( Covid-19).

Menurut Olly, pergeseran anggaran itu sesuai kesepakatan bersama saat rapat lewat video teleconference dengan wali kota dan bupati se-Sulut serta Forkopimda.

"Kita sudah mengusulkan, daerah-daerah yang ada pilkada, kalau dalam minggu depan bahwa pilkada akan dilangsungkan 2021 maka seluruh dana pilkada yang belum terpakai dialokasikan untuk penanganan Covid-19," kata Olly kepada wartawan, Selasa (31/3/2020).

Baca juga: Massa Tolak Pemakaman 2 Jenazah PDP Corona, Pj Wali Kota Makassar Mengaku Terlambat Dapat Info

Untuk itu, ia meminta masyarakat tidak perlu panik dan ragu, karena pemerintah dari kabupaten, kota, dan provinsi betul-betul serius mendahulukan kepentingan masyarakat.

"Dananya pakai buat Covid-19. Jadi, masyarakat tenang, aman ada doi. Pokoknya geser anggaran pilkada. Jadi tidak usah khawatir. Torang (kita) terus berdoa bersama," tegas Olly.

Sementara itu, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw menyatakan, penundaan pilkada adalah langkah yang tepat dalam menghadapi wabah Covid-19.

“Tentu kami sangat mendukung keputusan tersebut. Termasuk dengan pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19,” kata Andrei.

Ia menyatakan pandemi corona ini menjadi masalah kemanusiaan dan kesehatan yang harus didukung penuh seluruh pihak, termasuk dari DPRD.

“Pasti kami dukung. Ini untuk rakyat. Untuk kita semua,” ujar Andrei.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPRD Sulut Wenny Lumentut.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X