Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total PDP Corona di RSHS 11 pasien, 6 Negatif, 5 Masih Dirawat

Kompas.com - 09/03/2020, 16:57 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejak merebaknya wabah COVID-19 di beberapa negara, Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung telah merawat 11 pasien berstatus dalam pengawasan (PDP).

Hal tersebut diungkapkan Kabid Medik RSHS Dokter Zulvayanti saat konferensi pers di RSHS Bandung, Senin (9/3/2020).

"Sejak adanya kasus ini kita sudah rawat 11 orang pasien," kata Zulvayanti.

Dari 11 pasien ini, enam pasien telah dilakukan pemeriksaan di lab Litbangkes dengan hasil negatif. "Hasil enam pasien sebelumnya yang sudah tidak dirawat di kita lagi semua negatif," ucap Zulva.

Sedang lima pasien lainnya masih dilakukan perawatan di Ruang Infeksi Khusus Kemuning (RIKK). "Lima sisanya sudah diambil sample tapi hasil belum kita dapat masih nunggu Litbangkes," tuturnya.

Baca juga: Satu PDP Corona Asal Garut Dirujuk ke RSHS Bandung

Menurut Zulva, kondisi kelima pasien yang masih dirawat ini, empat pasien sudah dalam kondisi stabil, sedang satu pasien masih menggunakan ventilator.

Berdasarkan catatan RSHS, lima pasien yang masih dalam perawatan ini yakni, pasien ke-7 seorang laki-laki berumur 59 tahun yang memiliki riwayat bepergian umrah, masuk ke ke RSHS sejak tanggal 4 Maret 2020.

Pasien-7 ini harus menggunakan ventilator untuk membantu pernafasan. "Pasien Pneumonia, sesak nafas. Ini pasien yang sempat pergi umrah. Setelah kembali (ke Indonesia) pasien mengeluh demam, dan sesak nafas berat," ujar Zulvayanti.

Pasien ke-8 merupakan seorang perempuan berumur 26 tahun dan Pasien ke-9 seorang pria berumur 31 tahun. Kedua pasien ini masuk ke RSHS sejak 5 Maret 2020 dan saat ini kondisinya stabil.

Baca juga: RSHS Bandung Kembali Rawat Tiga Pasien Suspect Corona

Pasien ke-10 seorang pria berumur 77 tahun, yang masuk ke RSHS sejak tanggal 8 Maret 2020. Pasien ini sempat bepergian umrah, dan kini kondisinya stabil.

Pasien ke-11 seorang pria berumur 42 tahun yang memiliki riwayat pulang dari Makau, China. pasien tersebut masuk RSHS sejak tanggal 9 Maret 2020, dan saat ini kondisinya stabil.

Seluruh pasien yang merupakan warga jabar ini telah diambil samplenya untuk di uji lab di Litbangkes namun sampai saat ini pihak rumah sakit belum mendapatkan hasilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com