Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Mahasiswa Makassar Dijanjikan Rp 60 Juta jika Berhasil Kirim 200 Boks Masker ke Selandia Baru

Kompas.com - 04/03/2020, 18:27 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Dua mahasiswa yang ditetapkan tersangka usai hendak mengirim 200 boks masker ke Selandia Baru mengaku mendapatkan bayaran yang tidak murah.

Salah satu tersangka Ja (22) mengaku bahwa bila ribuan masker tersebut berhasil dikirim ke  Selandia Baru, maka dia akan mendapatkan bayaran hingga Rp 60 juta.

"Saya kumpulkan dulu di sejumlah apotek, kalau sudah sampai, baru saya ditransferkan sekitar kisaran Rp 50 - 60 juta," kata Ja saat diwawancara kala hendak diamankan di salah satu hotel di Makassar.

Baca juga: Jadi Tersangka, Begini Cara 2 Mahasiswa di Makassar Dapatkan 200 Boks Masker

 Ja mengaku mengumpulkan ribuan masker tersebut dalam kurun waktu 2 hari.

Dia mengatakan, untuk mengirim ke luar negeri, masker tersebut harus dikumpulkan dalam jumlah yang banyak agar keuntungan semakin besar.

Sementara Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengatakan kedua mahasiswa tersebut tidak hanya sekali melakukan pengiriman dalam jumlah yang besar. 

Sebelumnya, kedua mahasiswa tersebut juga telah beberapa kali menjual masker di Bali dan Balikpapan. 

"Katanya sudah beberapa kali menjual ada di Bali dan di Balikpapan," ujar Yudhiawan saat diwawancara wartawan, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Dua Mahasiswa yang Akan Kirim 200 Boks Masker ke Selandia Baru Jadi Tersangka

Kedua tersangka dikenakan Pasal 107 UU  Nomor 7 tahun 2014 tentang Perdagangan.

Polisi menilai keduanya menyembunyikan barang yang penting berupa masker dalam waktu tertentu hingga terjadi kelangkaan barang.

Sebelumnya diberitakan polisi menggagalkan pengiriman 200 boks yang berisi ribuan masker ke Selandia Baru oleh dua mahasiswa perguruan tinggi swasta di salah satu hotel di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Selasa (3/3/2020).

Kanit Reskrim Polsek Ujung Pandang Iptu Edhy Gunawan mengatakan, pengiriman itu dilakukan di salah satu counter ekspedisi pengiriman yang berada di hotel tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com