RSHS Rawat Tiga Pasien Terduga Virus Corona, Dua di Antaranya Negatif

Kompas.com - 24/02/2020, 14:39 WIB
Direktur RSHS Nina Susana Dewi dan tim dokter tengah memaparkan hasil lab dari para pasien diduga terpapar Covid -19. KOMPAS.COM/AGIE PERMADIDirektur RSHS Nina Susana Dewi dan tim dokter tengah memaparkan hasil lab dari para pasien diduga terpapar Covid -19.

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejak bulan Februari ini, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung kembali merawat pasien yang diduga terpapar virus korona atau Covid-19.

Direktur Utama RSHS Bandung, Nina Susana Dewi mengatakan tiga pasien yang dirawat di isolasi RSHS ini masuk ke kategori dalam pengawasan.

Ketiga pasien ini merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang sempat bepergian ke luar negeri.

"Kami menerima tiga pasien yang diduga atau pasien dalam pengawasan (Covid-19). Sehingga kami masukkan dalam ruang isolasi," kata Nina dalam konferensi pers di RSHS Bandung, Senin (24/2/2020).

Baca juga: Indonesia Masih Aman dari Virus Corona, Kepala BNPB: Apa Mungkin karena Sering Minum Jamu?

Pasien pertama diketahui seorang laki-laki berinisial S (58), WNI yang tinggal di Perth, Australia. Pasien S ini pulang ke Indonesia dengan keluhan flu, panas badan tinggi, dan sesak.

"Dari Perth ia pulang melalui jalur Bali, Surabaya, Bandung. Kami sebut ini pasien dalam pengawasan," kata Nina.

Pasien kedua diketahui seorang laki-laki berinisial RG (45) yang sebelumnya sempat bepergian ke Vietnam dan Pataya (Thailand). Saat pulang pasien tersebut mengeluh panas badan tinggi sampai 38 derajat celcius, dan flu.

"Kemudian di dalam pemeriksaannya memang terdapat flek, infeksi paru-paru, sehingga masuk ke ruang isolasi," kata Nina.

Pasien ketiga diketahui seorang wanita berinisial AS (55) yang sempat bepergian ke Malaysia, Singapura, Thailand, dalam satu minggu.

"Menderita sama, flu juga. Kemudian dikatakan oleh RS perujuk bahwa ada sesak nafas. Sehingga dengan riwayat seperti itu, memang masuk dalam pasien pengawasan dan harus masuk ke dalam ruang isolasi kami," kata Nina.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X