Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebing 40 Meter Longsor, Tutup Akses Jalan di Selatan Cianjur

Kompas.com - 14/02/2020, 10:38 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Tebing setinggi 40 meter yang berada di pinggir jalan di Desa Sindangsari, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, longsor, Kamis (13/2/2020).

Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, namun akses jalan Kadupandak-Sukasari terputus karena material longsor menutupi seluruh badan jalan.

Paur Humas Polres Cianjur Ipda Budi Setiayuda mengatakan, longsor terjadi dipicu tingginya intensitas hujan di wilayah tersebut.

“Korban nihil. Saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas, hanya saja akses jalan sekarang tidak bisa dilalui semua jenis kendaraan,” kata Budi kepada Kompas.com, Kamis.

 Baca juga: Madrasah Diniyah di Cianjur Ambruk, Aktivitas Belajar Mengajar Diliburkan

Dikatakan, selain tertutup material tanah, badan jalan juga terhalang pohon ukuran besar jenis Kiara yang turut tergerus longsor.

Bersama warga setempat, personil TNI/Polri dan Retana BPBD melakukan proses pembersihan, namun menemui kendala karena memerlukan alat berat.

“Material longsorannya cukup banyak dan ada pohon besar dan batu sehingga perlu alat berat. Kita sudah kordinasikan dengan pihak PUPR untuk mendatangkan alat berat,” ucap dia.

Ditambahkan Budi, untuk sementara arus lalu lintas dialihkan ke jalur lain dan jalur alternatif.

“Kalau untuk sepeda motor dialihkan ke jalur alternatif terdekat. Sedangkan untuk mobil dan kendaraan besar dialihkan ke jalur Tanggeung,” katanya.

Baca juga: Tebing di Semarang Longsor, Puluhan Warga Terancam Runtuhan Susulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com