Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putra Gus Sholah Tidak Bisa Lupakan 2 Nasihat Ayahnya Ini

Kompas.com - 03/02/2020, 15:53 WIB
Achmad Faizal,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Irfan Asy'ari Sudirman Wahid (Ipang Wahid), putra sulung Almarhum KH Sholahudin Wahid (Gus Sholah) mengaku, tidak bisa melupakan 2 hal yang diajarkan oleh ayahnya sejak kecil.

Keduanya adalah kesederhanaan dan kejujuran.

"Beliau selalu mengajarkan dan mengingatkan 2 hal tentang prinsip hidup, yakni kesederhanaan dan kejujuran. Bahkan, beberapa hari sebelum berpulang, beliau masih menasihati kami tentang kejujuran," kata Ipang Wahid, di VIP Bandara Internasional Juanda Surabaya, Senin (3/2/2020).

Baca juga: Ribuan Nahdliyyin Antarkan Kepergian Gus Sholah

Menirukan petuah ayahnya, bahwa kejujuran atau integritas itu adalah nomor satu dalam segala hal.

"Yang penting itu kejujuran, yang penting kejujuran, itu adalah landasan penting dari apapun yang kita lakukan," ucap dia.

Pribadi Gus Sholah, kata dia, juga adalah pribadi yang sangat terbuka, dan bersedia berkawan dengan siapapun.

"Entah itu tukang sapu atau presiden pun, beliau tetap membuka diri. Hal-hal itu yang membuat saya masih harus banyak belajar tentang prinsip hidup dari beliau," ujar Ipang Wahid.

Ipang Wahid bersama keluarga besar mengantar jenazah Gus Sholah yang diterbangkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma ke Bandara Internasional Juanda Surabaya, Senin siang.

Sesampai di Bandara Internasional Juanda, rombongan dan jenazah disambut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan para pejabat Jawa Timur seperti Kapolda dan Pangdam V Brawijaya.

Baca juga: Khofifah Ungkap 3 Amanat Gus Sholah Semasa Hidup

Dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, jenazah langsung bergeser ke rumah duka di komplek pesantren Tebuireng Jombang untuk dikebumikan Senin sore.

Gus Sholah tutup usia setelah sempat kritis dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta, Minggu (2/2/2020) pukul 20.55 WIB.

Gus Sholah adalah adik kandung dari Presiden ke-4 RI, Gus Dur, yang juga pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.

Gus Sholah lahir di Jombang, 11 September 1942 dan menghembuskan nafas terakhir pada usia 77 Tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com