Jelang Pilkada 2020, PKB, Gerindra, dan PDI-P Munculkan Koalisi 'Untuk Lamongan Sembodo'

Kompas.com - 22/01/2020, 18:06 WIB
Suasana konsolidasi koalisi DPC PDIP Lamongan, DPC PKB Lamongan, dan DPC Gerindra Lamongan, yang digelar di Gedung Korpri Lamongan, Rabu (22/1/2020). KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHSuasana konsolidasi koalisi DPC PDIP Lamongan, DPC PKB Lamongan, dan DPC Gerindra Lamongan, yang digelar di Gedung Korpri Lamongan, Rabu (22/1/2020).

LAMONGAN, KOMPAS.com - Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, tiga partai politik (parpol) yang ada di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menggelar konsolidasi koalisi partai bertempat di Gedung Korpri, Jalan Kusuma Bangsa, Lamongan, Rabu (22/1/2020).

Ketiga Parpol tersebut DPC PDI-P Lamongan, DPC PKB Lamongan, serta DPC Gerindra Lamongan.

Mereka menamakan konsolidasi koalisi ini 'Menuju Lamongan Sembodo', sesuai dengan slogan yang diusung oleh salah satu bakal calon bupati (bacabup) Sholahuddin.

"Kami bersepakat untuk mengusung Bapak Haji Sholahuddin maju sebagai Bupati Lamongan," ujar Ketua DPC PKB Lamongan Abdul Ghofur, saat ditemui awak media selepas acara, Rabu (22/1/2020).

Baca juga: Balita Penderita Gizi Buruk di Lamongan Dirujuk ke Rumah Sakit Lebih Lengkap di Surabaya

Ia menyebut, ketiga Parpol yang telah menjalin komunikasi politik ini telah bersepakat, memiliki satu pandangan untuk dapat membangun Lamongan ke depan sesuai dengan visi-misi yang telah disepakati bersama.

"Kami bertiga telah sepakat dan satu visi-misi. Meski kami masih membuka peluang bagi partai lain untuk berkoalisi. Kami ingin membangun Lamongan lebih baik, sembodo, sesuai dengan slogan yang diusung oleh Bapak Haji Sholahuddin sebagai calon bupati," ujar dia.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut mengenai rekomendasi dari DPP PKB Pusat, Abdul Ghofur mengatakan, rekomendasi mengenai calon Bupati Lamongan yang didukung pada Pilkada 2020 mendatang sudah dikantongi oleh pihaknya.

"Saya katakan, per hari ini rekom dari DPP sudah turun, dan itu kepada Bapak Haji Sholahuddin," kata dia.

Sementara, Ketua DPC PDI-P Lamongan Saim mengatakan, meski pihaknya saat ini termasuk dalam konsolidasi tiga parpol, namun hingga saat ini pihaknya belum mendapat rekomendasi dari DPP PDI-P terkait calon Bupati Lamongan yang bakal diusung dalam Pilkada 2020.

"Sebenarnya, langkah menuju Pilkada 2020 bersama PKB dan Gerindra ini adalah untuk mendukung Haji Sholahuddin. Tapi, memang untuk rekom dari DPP PDI-P sendiri, masih belum kami dapat sampai sekarang," tutur Saim.

Baca juga: Balita di Lamongan Alami Gizi Buruk, Begini Respons Bupati

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X