Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Jokowi di Semarang, Disambut Ribuan Warga hingga Gowes ke Kota Lama

Kompas.com - 31/12/2019, 07:29 WIB
Riska Farasonalia,
Farid Assifa

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Menjelang tutup tahun 2019 ini, Presiden RI Joko Widodo beserta sejumlah menterinya ramai-ramai mengunjungi beberapa tempat di Kota Semarang, Jawa Tengah pada Senin (30/12/2019).

Jokowi berkeliling meninjau sejumlah lokasi bangunan cagar budaya seperti Pasar Johar dan Kawasan Kota Lama Semarang.

Saat ini Pasar Johar yang terbakar pada tahun 2015 silam itu telah rampung direvitalisasi dengan menelan dana ratusan miliar rupiah.

Baca juga: Jokowi Minta Ada Aktivitas Ekonomi Kreatif di Kota Lama Semarang

Pasar Johar yang dahulu dibangun oleh seorang arsitek asal Belanda, Thomas Karsten, pada tahun 1930 itu, kini bisa menampung 1.500 pedagang.

Sementara pembiayaan bangunan cagar budaya itu sendiri menggunakan dana APBN sebesar Rp 146 miliar.

Selain Pasar Johar, revitalisasi juga dilakukan pada Alun-alun Semarang yang mengusung desain ruang terbuka modern.

Alun-alun itu direvitalisasi dengan dana hingga Rp 80 miliar lengkap dengan basemen yang dapat menampung 200 pedagang dan digunakan untuk parkir sepeda motor.

Setelah meninjau Pasar Johar dan alun-alun, kedatangan Jokowi yang disambut oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Taj Yasin ini dilanjutkan dengan gowes sepeda menuju Kawasan Kota Lama Semarang yang jaraknya tak jauh dari Pasar Johar.

Tampak pula Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu turut mendampingi Jokowi beserta para menteri.

Setelah sepanjang perjalanan menyapa ribuan warga Semarang yang ingin bersalaman dan berfoto bareng Jokowi yang menggowes sepeda ontel akhirnya tiba di Kawasan Kota Lama Semarang.

Kawasan Kota Lama Semarang yang dijuluki Little Netherland ini telah selesai direstorasi selama dua tahun dengan anggaran kurang lebih Rp 170 miliar.

"Sementara tahap dua akan dipasang pompa, dan lain-lain sebesar Rp 60 miliar. Jadi Rp 230 itu yang Kota Lama," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada awak media di Kota Lama, Semarang, Senin (30/12/2019).

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio menambahkan, Kota Lama Semarang sudah menarik dan tinggal membutuhkan polesan sedikit lagi sehingga dapat lebih meriah dan hidup.

"Masih ada yang perlu dibenahi seperti tata cahayanya, lalu suasana, festival musik dan event-event, serta kegiatan ekonomi kreatif. Tinggal poles sedikit lagi akan lebih bagus sehingga lebih meriah," ujar Wishnutama.

Di Kota Lama juga tampak ribuan warga tumpah ruah menyambut kedatangan Jokowi beserta rombongan yang berjalan kaki menuju Gedung Oudetrap melewati beberapa spot menarik seperti Pohon Akar, Taman Sri Gunting dan Gereja Blenduk, lalu mengakhiri perjalanannya di Semarang Kreatif Galeri.

Kawasan Kota Lama Semarang diproyeksikan menjadi pusat industri kreatif atau creative hub Jawa Tengah.

Baca juga: Asyik Gowes di Semarang, Sepeda Ontel Jokowi Oleng, Warga Rebutan Salaman

Maka dari itu Jokowi meminta agar Kota Lama Semarang diisi dengan kegiatan ekonomi dan industri kreatif untuk menarik wisatawan ke Semarang, Jawa Tengah.

Selain Menteri PUPR dan Menteri Pariwisata, sejumlah menteri lain turut mendampingi Jokowi di Semarang, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Mensesneg Pratikno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com