Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Ada Aktivitas Ekonomi Kreatif di Kota Lama Semarang

Kompas.com - 30/12/2019, 16:57 WIB
Riska Farasonalia,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

SEMARANG.KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (30/12/2019).

Jokowi menyambangi Kota Lama Semarang setelah sebelumnya bersepeda ontel di alun-alun Pasar Johar.

Setiba di kawasan berjuluk Little Netherland itu, Jokowi menilai hasil restorasi selama dua tahun yang menelan biaya lebih dari Rp 170 miliar sudah baik.

Hanya saja, dia merasa perlu ada sejumlah kegiatan yang berlangsung agar suasananya lebih hidup.

"Yang paling penting setelah jadi ini ada aktifitas, ada isian kegiatan terutama berkaitan dengan ekonomi kreatif baik industri kreatif yang ada di Kota Semarang khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya," jelas Jokowi usai berkeliling di Semarang Kreatif Galeri, Kota Lama Semarang, Senin (30/12/2019).

Baca juga: Kartu Pra Kerja Jokowi, Sudah Kontroversi Sejak Kampanye

Jokowi juga meminta masyarakat ikut menjaga dan merawat Kota Lama Semarang. Apalagi daerah itu sudah terdaftar sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

"Apa pun ini adalah warisan, heritage, yang harus terus dijaga. Sudah baik tinggal isian harian. Isi kegiatan-kegiatan seni budaya, mungkin galeri, resto dihidupkan sehingga mengangkat kehidupan ekonomi," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi berkesempatan meninjau proyek Pasar Johar yang dibangun kembali setelah hangus akibat kebakaran pada 2015. Setelah proyek itu rampung pasar itu dapat kembali ditempati pedagang.

Baca juga: Tanggapi Kasus Novel, Jokowi: Jangan Sebelum Ketemu Ribut, Setelah Ketemu Ribut

"Paling penting pedagang bisa masuk Pasar Johar meskipun saya tahu los-nya belum cukup sehingga nanti yang sebelah selatan akan dibangun lagi oleh Kementerian PU. Maka harus dijaga kebersihan dan kerapiannya jangan becek jangan bau," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com