Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trauma, Siswi SD yang Ditampar Ibu Temannya Jalani Pemulihan Kejiwaan

Kompas.com - 29/12/2019, 21:29 WIB
Himawan,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

 

MAKASSAR, KOMPAS.com - DA (8), siswa SD yang ditampar M, ibu temannya di SD Sipala 2 Makassar menjalani pemulihan kejiwaan di kantor Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Makassar.

Sebab, ia mengalami trauma setelah aksi kekerasan tersebut.

Ketua tim reaksi cepat P2TP2A Kota Makassar Makmur Payabo mengatakan, timnya telah menyiapkan dokter dan psikolog untuk membantu pemulihan trauma siswi kelas 2 SD tersebut. 

"Kami mau konseling dengan dokter dan psikolog, mudah-mudahan anak-anak ini bisa kembali normal dan sembuh dari traumanya karena sampai tadi bangun pagi masih terasa sekali di bagian matanya dan ada pusing yang dirasakan," kata Makmur saat diwawancara di kantornya, Minggu (29/12/2019).

Baca juga: Pengakuan Siswi SD yang Ditampar Ibu Temannya, Dianiaya Saat Tak Ada Guru

Selain menyiapkan penanganan pemulihan untuk korban, Makmur menyebut timnya juga menyiapkan bantuan hukum untuk korban.

Ia menyebut peristiwa yang dialami DA juga sebelumnya beberapa kali terjadi di Makassar sehingga ia mengharapkan proses hukum atas kasus ini tetap berjalan.

Makmur juga berharap Dinas Pendidikan mempunyai prosedur tetap sendiri terkait masuknya orangtua siswa di lingkungan sekolah agar tidak semena-mena melakukan penganiayaan kepada siswa.

"Hal ini sudah diatur di undang-undang perlindungan anak bahwa kekerasan fisik itu tidak boleh terjadi terhadap anak apalagi itu terjadi di lingkungan sekolah tempat anak-anak menuntut ilmu," tegas Makmur. 

Lebih jauh, tim reaksi cepat P2TP2A Kota Makassar akan mengirim surat ke tempat M bekerja di sebuah rumah sakit yang ada di Makassar.

Diketahui, ibu dari teman DA itu bekerja sebagai seorang perawat.

"Nanti kami menyurat ke sana terkait dengan adanya pegawai mereka melakukan kelerasan dan nantinya saya meminta adanya hukuman dari pihak rumah sakit supaya tidak ada karyawan yang seperti itu," pungkas dia.

Sebelumnya diberitakan, video seorang ibu-ibu memukul dan menampar seorang siswi SD di dalam kelas beredar dan viral di media sosial.

Baca juga: Ibu yang Tampar Siswi SD di Makassar Saat Pembagian Rapor Jadi Tersangka

Video berdurasi 30 detik ini memperlihatkan seorang ibu menampar seorang siswi SD yang telah terduduk di kursi sambil menangis.

Tampak pula seorang wanita lain yang menegur ibu tersebut yang juga berada di dalam kelas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com