Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dua Jenis Ular Kobra yang Ada di Indonesia

Kompas.com - 22/12/2019, 13:00 WIB
Andi Hartik,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Pakar Herpetofauna dari Universitas Brawijaya (UB), Nia Kurniawan mengatakan, terdapat dua spesies ular kobra di Indonesia. Yakni Naja Sumatrana dan Naja Sputatrix.

Naja Sumatrana tersebar di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Sedangkan Naja Sputatrix habitat utamanya berada di Pulau Jawa.

“Yang paling terkenal ada dua, yaitu Naja Sumatrana dan Naja Sputatrix. Naja Sumatrana itu ada di Sumatera dan Kalimantan, kalau di Jawa jarang. Naja Sputatrix ada di Jawa,” katanya, Sabtu (21/12/2019).

Baca juga: Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Jika Bertemu Ular Kobra

Pria yang akrab disapa Wawan itu mengatakan, karakter ular kobra Naja Sputatrix lebih kecil. Kepingan otot yang ada di kepalanya tidak akan keluar jika tidak sedang berdiri.

“Naja Sputatrix lebih kecil. Naja yang paling kecil. Kembangan (Pipih) di kepalanya tidak terlalu lebar. Terus kalau dia tidak berdiri itu kepala pipihnya tidak keluar. Kecuali kalau kepalanya ke atas siap menyerang baru keluar bentuk pipihnya,” jelasnya.

Wawan mengatakan, warna ular kobra di Jawa beragam. Ada yang hitam, cokelat, kuning, silver dan abu-abu.

Warna kulit ular kobra itu bergantung pada evolusi ular tersebut dengan lingkungannya.

“Sepengetahuan saya, ular kobra dari Wonosobo sampai Banten warnanya hitam. Kalau Wonosobo ke arah timur lebih bervariasi. Hitam, cokelat, kuning, silver dan abu-abu. Itu yang pernah kita temui. Dan, secara genetik sama, kita sudak cek DNA-nya,” terangnya.

Baca juga: Mengapa Ular Kobra Masuk ke Permukiman dan Rumah Warga?

Meski DNA-nya sudah dipastikan sama, jenis bisa yang dikeluarkan belum tentu sama. Saat ini, pihaknya masih sedang meneliti kandungan bisa yang ada di ular-ular tersebut.

“Itu yang sedang saya teliti. Tapi relatif sama, kalau dibuat statistik itu tidak ada bedanya,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com