BrandzView
Konten ini merupakan kerjasama Kompas.com dengan Smartfren

Berkah Loyalitas, Buruh Pabrik Bakso Ini Sekarang Punya Rumah Miliaran

Kompas.com - 19/12/2019, 19:54 WIB
Rizky Budiansyah (25) seorang buruh penggilingan bakso di Purwakarta, Jawa Barat yang memenangkan undian rumah mewah dari program Smartfren WOW Dok. Smartfren Rizky Budiansyah (25) seorang buruh penggilingan bakso di Purwakarta, Jawa Barat yang memenangkan undian rumah mewah dari program Smartfren WOW

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi Rizky Budiansyah (25), memiliki rumah sendiri dengan kondisi ekonominya saat ini hanya sebatas impian yang mungkin tidak akan pernah terwujud.

Jangankan untuk mencicil rumah, penghasilannya setiap bulan sering habis untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari.

Pria yang berprofesi sebagai buruh penggilingan bakso di Pasar Anyar, Purwakarta, Jawa Barat, itu setiap hari bekerja dari pukul 5 hingga 10 pagi dengan upah sebesar Rp 100.000 per hari.

“Siangnya, saya jualan spare part motor pesanan orang lewat online. Itu kalau ada orderan saja, tidak menentu, kadang tidak ada sama sekali,” cerita pria yang sudah 2 tahun tinggal di Purwakarta itu.

Jika dihitung-hitung, dalam sebulan penghasilan Rizky mencapai Rp 2 juta. Uang itu kemudian digunakan untuk biaya hidup keluarganya sehari-hari.

Adapun uang tersebut juga digunakan untuk biaya sekolah putrinya yang kini duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar (SD) dan biaya kontrakan sebesar Rp 400.000 per bulan. Tak lupa, jika ada sisa, Rizky selalu menyisihkan pendapatannya untuk ditabung.

“Ya, bisa dibilang pas untuk hidup sehari-hari. Tetapi kalau untuk mencicil motor atau rumah itu enggak mungkin,” paparnya kepada Kompas.com, Jumat (13/12/2019).

Meski begitu, keinginan Rizky untuk memiliki rumah sendiri tetap ada. Terlebih, kala mengingat kondisi rumah kontrakan di Desa Cikadu, Purwakarta yang dihuninya saat ini.

Ia mengaku, sering merasa cemas ketika memasuki musim hujan seperti sekarang. Sebabnya, ketika hujan deras melanda, air hujan di depannya rumah kontrakannya akan meluap hingga masuk ke dalam rumah.

“Terus air keran juga pasti jadi kotor kalau hujan,” imbuhnya.

Rizky Budiansyah (25) seorang buruh penggilingan bakso di Purwakarta, Jawa Barat yang memenangkan undian rumah mewah dari program Smartfren WOWKOMPAS.com/ANISSA DEA WIDIARINI Rizky Budiansyah (25) seorang buruh penggilingan bakso di Purwakarta, Jawa Barat yang memenangkan undian rumah mewah dari program Smartfren WOW

Masalah Rizky tidak berhenti sampai di situ. Tahun ini, keluarganya dua kali mengalami peristiwa buruk. Pertama, saat dia dan anaknya kecelakaan hingga luka-luka ketika mengendarai sepeda motor.

Kemudian, di tahun yang sama istrinya mengalami keguguran saat mengandung anak kedua mereka. Tak ayal, uang yang sudah ditabung ludes tak bersisa untuk biaya pengobatan. Kesempatan memiliki rumah pun semakin menjauh dari tangan Rizky.

Mencoba peruntungan dengan mengikuti undian

Bagai tertiban durian runtuh, setelah mengalami tahun yang cukup berat, impian Rizky untuk memiliki rumah pun terwujud.

Program Smartfren WOW tahap ketigalah yang menjadi jalan Rizky mewujudkan mimpinya. Rumah yang tampak mustahil dimiliki itu, kini berada di genggaman.

Dia menukarkan 3.500 SmartPoin dengan 35 kupon undian dengan impian berharap memiliki rumah sendiri.

Loyalitas Rizky selama 1 dekade menggunakan provider Smartfren membuahkan hasil yang tidak pernah terbayangkan oleh orang pada umumnya. Ia juga mengatakan setia dengan Smartfren karena memiliki jaringan stabil dan harga paket internet yang terjangkau oleh kantong.

“Awalnya saya enggak percaya waktu ditelepon. Baru percaya setelah ada orang Smartfren yang ke rumah dan saya diajak untuk lihat langsung rumahnya,” papar usai pengumuman pemenang undian Smartfren WOW tahap Ketiga di Lavva Lounge, Jakarta, Jumat (13/12/2019).

Deputy CEO Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengungkapkan, program Smartfren WOW memang ditujukan bagi pelanggan setia Smartfren. Melalui program itu, pihaknya ingin mengajak pelanggan untuk mengumpulkan dan menggunakan SmartPoin di aplikasi My Smartfren.

SmartPoin sendiri bisa didapatkan dengan melakukan pembelian paket internet, melakukan panggilan, dan mengirim sms.

Rizky Budiansyah (25) seorang buruh penggilingan bakso di Purwakarta, Jawa Barat yang memenangkan undian rumah mewah dari program Smartfren WOWKOMPAS.com/ANISSA DEA WIDIARINI Rizky Budiansyah (25) seorang buruh penggilingan bakso di Purwakarta, Jawa Barat yang memenangkan undian rumah mewah dari program Smartfren WOW

“Kemudian pelanggan bisa menukarkan 100 SmartPoin dengan satu kupon undian di aplikasi MySmartfren, yang akan diundi setiap bulan,” papar Djoko.

Selain rumah mewah bernilai miliaran rupiah, Smartfren juga menyediakan hadiah satu unit mobil Innova, tiga unit Vespa, 5 unit iPhone XR, dan ratusan hadiah menarik lainnya.

Adapun pada tahap ketiga kali ini, hadiah mobil dimenangkan oleh Wahyu Irawan (20) asal Kisaran, Sumatera Utara. Pemuda yang berprofesi sebagai montir itu merupakan pelanggan setia yang telah menggunakan Smartfren selama satu tahun.

Sama seperti Rizky, Wahyu awalnya tidak percaya jika dirinya memenangkan 1 unit mobil. Bahkan, Wahyu menduga bahwa kabar tersebut adalah penipuan.

“Sempat saya marahin juga waktu telepon. Saya baru percaya saat perwakilan Smartfren jauh-jauh datang ke rumah,” ujar Wahyu.

Untuk diketahui, program undian Smartfren WOW masih terus berlanjut. Para pengguna Smartfren pun masih berkesempatan memenangkan hadiah spektakuler lainnya, seperti rumah senilai miliaran rupiah, mobil, sepeda motor, dan ratusan hadiah lain yang diundi setiap bulannya.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya