PTDI Serahkan Helikopter AS365 N3 Dauphin kepada Basarnas

Kompas.com - 12/12/2019, 15:24 WIB
PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menyerahkan pesanan Kementrian Pertahanan berupa lima unit helikopter Anti Kapal Selam (AKS) dan satu unit Pesawat Udara CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA). KOMPAS.com/PUTRA PRIMA PERDANA.PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menyerahkan pesanan Kementrian Pertahanan berupa lima unit helikopter Anti Kapal Selam (AKS) dan satu unit Pesawat Udara CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA).

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia (DI) menyerahkan Helikopter Medium Intermediate AS365 N3+ Dauphin kepada Basarnas di Hanggar Rotary Wing PTDI, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019).

Serah terima 2 unit helikopter AS365 N3+ Dauphin kepada Basarnas tersebut telah sesuai dengan Kontrak Jual Beli No.38/PPK-04/PERJ/XI/ SAR-2018 tanggal 16 November 2018 antara PTDI dan Basarnas.

Pesanan helikopter tersebut telah diselesaikan pekerjaannya tepat waktu dan akan dikirim sesuai target realisasi, yaitu bulan Desember 2019.

"Dengan diserahkannya kedua helikopter AS365 N3+ Dauphin ini, membuktikan keseriusan PTDI untuk membantu pemenuhan tugas pokok dan fungsi Basarnas demi menunjang pekerjaan dalam mengevakuasi dan menolong korban”, kata Dirut PTDI  Elfien Goentoro, Kamis siang.


Baca juga: Bocoran Harga Pesawat CN235-220 Buatan PTDI yang Dipesan Militer Nepal

Untuk diketahui, helikopter SAR Medium Intermediate AS365 N3+ Dauphin merupakan produk kerja sama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters, Perancis.

Helikopter ini telah sesuai dengan standar SAR dan Coast Guard dengan total sebanyak 170 helikopter Dauphin yang digunakan di seluruh dunia.

Helikopter ini dilengkapi dengan Hoist untuk mengevakuasi korban pada sisi pintu kanan. 

Tidak hanya hari ini saja, Elfien menjelaskan, PTDI juga telah berhasil menyelesaikan dan menyerahkan 2 unit helikopter AS365 N3+ Dauphin pada tanggal 18 Februari 2014.

"2 unit helikopter AS365 N3+ Dauphin lainnya pada tanggal 15 November 2016," jelasnya.

Baca juga: Sebelum Uji Terbang, Helikopter Buatan Buruh Bengkel Sukabumi Perlu Penyempurnaan

Elfien menambahkan, PTDI siap memenuhi pesanan berikutnya dari Basarnas, khususnya untuk helikopter SAR, baik dari jenis AS365 N3+ Dauphin ataupun jenis helikopter lainnya, sebagai wujud komitmen PTDI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara negara Indonesia.

"Keberadaan PTDI akan sangat berarti jika setiap produk serta jasa yang dihasilkannya dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh instansi dan lembaga negara di Indonesia," tandasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X