KILAS DAERAH

Ridwan Kami Dukung Kepala Daerah Dipilih Langsung oleh Rakyat

Kompas.com - 21/11/2019, 18:20 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat acara Launching Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 di 8 Kab/Kota se-Provinsi Jawa Barat di Amphitheater Trans Studio Bandung, Kota Bandung, Rabu (20/11/2019) Dok. Pemdaprov JabarGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat acara Launching Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 di 8 Kab/Kota se-Provinsi Jawa Barat di Amphitheater Trans Studio Bandung, Kota Bandung, Rabu (20/11/2019)

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mendukung pelaksanaan demokrasi langsung—kepala daerah yang dipilih langsung oleh rakyat.

“Demokrasi langsung diharapkan mampu menghadirkan pemimpin sesuai pilihan rakyat,” kata Ridwan Kamil saat Launching Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 di 8 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Barat di Amphitheater Trans Studio Bandung, Kota Bandung, Rabu (20/11/2019).

Sama seperti dirinya sebagai produk demokrasi langsung, ia melanjutkan, peluang pemimpin pilihan rakyat untuk bersumbangsih kepada bangsa sangat besar.

Pernyataan itu ia sampaikan berkenaan dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 besok di delapan kabupaten/kota se-Jabar.


Baca juga: Jabar Buatkan Beberapa Program untuk Turunkan Angka Stunting

Menurut Emil (sapaan Ridwan Kamil), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) terus berusaha menghadirkan Pemilu yang lebih baik dari tahun ke tahun.

Untuk itu, ia pun mendukung LaunchingPengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 di 8 Kabupaten atau Kotase-Provinsi Jawa Barat.

Demokrasi adalah anugerah

Emil meyakini demokrasi merupakan anugerah untuk bangsa Indonesia. Itu karena kekuasaan adalah alat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara bagi pemimpin yang baik.

Namun, Gubernur Jabar tetap berharap adanya perbaikan pemilu sebagai proses pelaksanaan demokrasi agar pemerintah tidak lagi mengeluarkan biaya besar.

Voting digital di India bisa jadi contoh untuk memangkas biaya logistik selama proses pemilu di Indonesia,” kata Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Pamer Follower Instagram di Depan Investor AS, Apa Tujuannya?

Ia melanjutkan, pemilu yang kondusif juga penting untuk dilakukan.

“Seperti di Jabar, Pilpres, Pileg, Pilgub, dan Pilkada kabupaten/kota senantiasa berjalan lancar dengan angka partisipan yang terus meningkat,” imbuh Emil.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X