Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Perluas Pasar Dagang di Eropa, Jabar Akan Kerja Sama dengan Bulgaria

Kompas.com - 20/11/2019, 17:25 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Emil mengatakan, Jabar perlu memperluas pasar perdagangan di Eropa, terutama Eropa Timur. Salah satu upaya untuk mencapainya adalah mengadakan kerja sama dengan Bulgaria.

“Pesannya adalah mulai meningkatkan hubungan bilateral. Mereka (Bulgaria) ingin tahu Jabar bisa menyediakan apa untuk kerja sama ekonomi,“ kata Emil, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Rencana kerja sama antara Indonesia dengan Bulgarian dibahas saat kunjungan Duta Besar (Dubes) Bulgaria untuk Indonesia Petar Dimitrov Andonov, di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (20/11/2019).

Pada pertemuan tersebut, kedua pihak saling menawarkan potensi daerahnya masing-masing. Bulgaria tertarik dengan kopi, teh, dan ikan dari Jabar. Sementara itu, Bulgaria bersedia menyediakan pabrik pengepakan.

Baca juga: PM Singapura kepada Indonesia: Hubungan Bilateral dalam Kondisi Baik

“Nanti ikan, misalkan dari Indramayu dari Jabar, kemudian mereka yang mengirim dan memasarkan di wilayahnya,” kata Emil.

Emil berharap, rencana kerja sama tersebut dapat segera ditindaklanjuti dan terealisasi. Dengan begitu, Bulgaria dapat menjadi pintu produk-produk Jabar untuk masuk ke negara-negara Eropa bagian Timur.

Selain kerja sama dalam bidang ekonomi, kedua pihak juga membuka peluang usaha pada bidang digital dan pendidikan.

Kerja sama dalam bidang pendidikan direncanakan dalam bentuk pertukaran pelajar. Emil menyarankan diadakan pertukaran orang kreatif. Tujuannya agar kedua pihak bisa bertukar inspirasi dan mengembangkan ekonomi kreatif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com