Truk Roda 10 Disinyalir Jadi Penyebab Kelangkaan Solar di Sumbar

Kompas.com - 19/11/2019, 06:57 WIB
DPRD Sumbar memanggil Pertamina untuk hearing soal kelangkaan solar di Sumbar, Senin (18/11/2019) KOMPAS.COM/PERDANA PUTRADPRD Sumbar memanggil Pertamina untuk hearing soal kelangkaan solar di Sumbar, Senin (18/11/2019)

PADANG, KOMPAS.com - Anggota Komite Badan Pengatur Hilir (BPH) Minyak dan Gas (Migas) Henry Ahmad mensinyalir kelangkaan solar di Sumatera Barat (Sumbar) karena dibeli oleh pihak yang tak berhak.

Dari sejumlah pantauannya, solar di Sumbar masih dibeli oleh truk dengan roda 10.

Padahal sesuai dengan Perpres 191 Tahun 2014, truk roda 10 tidak berhak membeli solar subsidi.

"Saya sudah pantau di sejumlah SPBU di Sumbar. Masih banyak solar subsidi yang dibeli oleh orang yang tidak berhak. Truk roda 10 masih ikut antrean beli solar," kata Henry saat hearing dengan DPRD Sumbar, Senin (18/11/2019).


Baca juga: Solar Langka di Sumbar, Antrean SPBU hingga 1 Kilometer

Henry menyebutkan sesuai dengan Perpres No 191 Tahun 2014, truk dengan roda 10 dilarang membeli solar bersubsidi.

Selain itu, Henry juga menemukan penjualan BBM bersubsidi jenis premium secara ketengan. Sementara di SPBU, premium habis.

Perlu diawasi

"Kenapa lebih banyak di ketengan premium beredar. Mereka disinyalir dapat dari SPBU. Ini lah yang perlu diawasi," kata Henry.

Henry memperkirakan penggunaan BBM bersubsidi yang tidak pada haknya ada sekitar 30 persen.

Jika, penggunaan BBM bersubsidi tepat sasaran pada orang yang berhak, Henry meyakini Sumbar tidak akan bermasalah dengan BBM subsidi itu.

Henry mendukung upaya Pemerintah Provinsi Sumbar untuk melakukan pengawasan terhadap Perpres No 191 Tahun 2014 itu agar BBM bersubsidi benar-benar tepat sasaran dan tidak terjadi kelangkaan.

Baca juga: Urai Antrean di SPBU, Pertamina Tambah Pasokan Solar di Sulsel

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPRD Sumbar Afrizal mengatakan untuk mengatasi persoalan kelangkaan BBM bersubsidi di Sumbar perlu dilakukan pengawasan terpadu.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X