Sebanyak 3.131 Rumah di Maluku Belum Menikmati Listrik

Kompas.com - 14/11/2019, 16:24 WIB
Anak-anak korban gempa di Dusun Wailusung, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah tengah bermain di sekitar reruntuhan rumah-rumah warga, Rabu (13/11/2019) KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTYAnak-anak korban gempa di Dusun Wailusung, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah tengah bermain di sekitar reruntuhan rumah-rumah warga, Rabu (13/11/2019)

  AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 3.131 rumah warga yang tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku, hingga kini belum dapat menikmati penerangan listrik di rumah-rumah mereka.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Fauzan Khatib mengatakan, sebelumnya dari data yang ada, terdapat 10.892 rumah tangga yang belum menikmati listrik.

Namun, setelah diverifikasi ulang, jumlahnya berkurang menjadi 3.131 rumah tangga.

“Rumah tangga miskin yang belum menikmati listrik itu ada 3.131 rumah tangga, sebelumnya berjumlah 10.892 rumah tangga,” kata Fauzan kepada wartawan di Ambon, Kamis (14/11/2019).


Baca juga: Sebagian Tuntutan Warga Akan Dipenuhi PLTU Cilacap

Menurut Fauzan, Pemeritah Provinsi Maluku saat ini sedang mengusahakan agar ribuan rumah tangga miskin itu dapat menikmati listrik.

Terkait masalah itu, pihaknya sudah mengirim surat kepada para kepala daerah, untuk bisa berkontribusi guna membantu masyarakat miskin menikmati penerangan listrik.

Selain itu, Fauzan juga mengaku bahwa pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Kementerian ESDM untuk ikut membantu mengatasi masalah tersebut.

“InsyaAllah, tahun depan ada program mereka untuk membantu itu. ”kata dia.

Fauzan mengatakan, Pemprov Maluku tidak dapat berbuat banyak dan hanya mampu mendorong pemerintah kabupaten dan kota serta kementerian dan pihak lain untuk membantu mengatasi masalah itu.

Sebab, APBD Maluku hanya Rp 2,8 triliun dan setengahnya dianggarkan untuk belanja pegawai.

“Kita tahu sendiri keuangan daerah Rp 2,8 triliun itu setengahnya untuk belanja pegawai,” kata Fauzan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X