Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jadi Mitra Pemerintah, LPM di Desa Harus Diberdayakan

Kompas.com - 11/11/2019, 16:21 WIB
Mikhael Gewati

Editor

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jawa Barat (Jabar) Dedi Supandi mengatakan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) yang ada di desa atau kelurahaan harus diberdayakan.

"LPM yang ada di desa atau kelurahan harus diberdayakan dan dimanfaatkan sebagai mitra kerja pemerintah dalam perencanaan dan pembangunan," tegas Dedi di Bandung, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (11/11/2019).

Dedi mengatakan itu, karena rencana tersebut mengemuka dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPM Provinsi Jabar di Kabupaten Subang, Kamis (7/11/2019).

Rakerda dihadiri perwakilan LPM se-Jabar dengan unsur Ketua, Sekretaris, dan Bendahara sebanyak 108 orang.

Baca juga: Ridwan Kamil Dorong Pengusaha Jepang Berinvestasi di Jawa Barat

Dedi yang juga hadir dalam Rakerda LPM Provinsi Jabar itu menjelaskan, akselerasi peran LPM dalam perencanaan pembangunan dapat diwujudkan dengan memberdayakan seluruh tenaga LPM di Jabar.

Optimalisasi seluruh tenaga LPM tersebut bertujuan untuk menghadirkan langkah-langkah terobosan guna mendukung program pembangunan unggulan demi terwujudnya visi Jabar Juara.

"Akselerasi tersebut akan tercipta dengan menyinergikan segala upaya dan tujuan pembangunan di Jabar," katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) LPM Jabar, Tatang Suratis mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan LPM adalah memasuki ranah perundang-undangan.

Baca juga: Pemdaprov Jabar Kaji Regulasi Penyuluhan Hutan Swadaya

Langkah itu sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

"Hal ini dapat dimulai dengan perencanaan penyusunan peraturan daerah atau peraturan gubernur terkait peran dan fungsi LPM yang harus diberdayakan kembali oleh pemerintah dan dilibatkan dalam pemberdayaan dan pembangunan," jelas Tatang.

Tatang optimistis, dengan adanya peluang dalam perencanaan pembangunan tersebut, LPM dapat memetakan arah pembangunan di Jabar ke depan.

"Saya juga berharap para LPM memberikan masukan terkait konsep pembangunan dan hal apa saja yang akan digarap oleh LPM di Jabar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com