Kerugian Kebakaran Pasar Pelita Sukabumi Capai Rp 1,6 Miliar

Kompas.com - 11/11/2019, 08:24 WIB
Sejumlah petugas berusaha memadamkan api pada kebakaram di pasar penampungan Jalan Tipar Gede, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019). KOMPAS.COM/BUDIYANTOSejumlah petugas berusaha memadamkan api pada kebakaram di pasar penampungan Jalan Tipar Gede, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019).

SUKABUMI, KOMPAS.com - Kerugian akibat kebakaran yang melalap Pasar Penampungan Eks Pasar Pelita di Jalan Tipar Gede, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (9/11/2019) malam ditaksir mencapai Rp 1,6 miliar.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, data Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian Kota Sukabumi menyebutkan kios yang terbakar berjumlah 45 unit.

Rinciannya, jumlah kios aktif sebanyak 37 unit dan jumlah pedagang aktif 16 orang

Sedangkan kerugian yang ditaksir sekitar Rp 1,6 miliar berasal dari bangunan kios yang terbakar sebesar Rp 225 juta dan barang dagangan Rp 1,4 miliar.

"Kios yang terbakar itu di antaranya ada yang menjual minyak wangi, bahan bangunan, sepatu dan sandal, perabotan, aksesoris, sayuran, dan warung kopi," ujar Fahmi, dalam keterangan tertulis diterima Kompas.com, Minggu (10/11/2019) malam.

Baca juga: Pasar Penampungan Pedagang di Sukabumi Terbakar, Korban Jiwa Nihil

Saat ini, pendataan para pedagang masih berlangsung. Setelah pendataan selesai akan dilakukan pembahasan mengenai pedagang yang terdampak kebakaran.

"Para pedagang yang terdampak kebakaran bisa kembali beraktivitas seperti biasa berjualan. Namun, untuk lokasinya masih dilakukan pembahasan lebih lanjut," ujar Fahmi.

Hingga kini penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam penyelidikan Polres Sukabumi Kota.

Diberitakan sebelumnya, pasar penampungan sementara para pedagang, Pasar Pelita di Jalan Tipar Gede, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Sukabumi, Jawa Barat, terbakar, Sabtu (9/11/2019).

Informasi yang dihimpun, kepulan asap dan kobaran api mulai terlihat sekitar pukul 18.00 WIB di blok pedagang kelontongan.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kebakaran sempat membuat macet arus lalu lintas.

Baca juga: Sepenggal Kisah Kejayaan Pasar Poncol, Surganya Barang Loak

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X