Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dialog dengan Pengungsi Ambon, Jokowi Ingatkan Indonesia Daerah Rawan Bencana

Kompas.com - 29/10/2019, 12:33 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Khairina

Tim Redaksi

AMBON,KOMPAS.com-Presiden Joko Widodo ikut berdialog bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan para pengungsi korban gempa bumi saat mengunjungi lokasi pengungsian di Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Selasa (29/10/2019).

Dialog bersama warga itu dilakukan setelah Jokowi bersama rombongan meninjau sejumlah tenda pengungsian termasuk juga rumah sakit darurat dr Ishak Umarela yang ada di lokasi pengungsian tersebut.

Dalam kesempatan dialog tersebut, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap bencana baik itu gempa bumi maupun tsunami, karena Indonesia berada apda wilayah cincin api atau ring of fire.

“Kawasan cincin api artinya apa? Kalau sudah berada di kawasan cincin api yang namanya tsunami yang namanya gempa itu berada di lingkungan kita tidak hanya di Maluku Tengah, di Maluku, di Indonesia,” ungkap Jokowi.

Baca juga: Diskusi Mahasiswa tentang Pemerintahan Jokowi di Kampus Universitas Udayana Dibubarkan

Dia mengatakan, sejumlah daerah di Indonesia pernah terjadi bencana gempa maupun tsunami seperti di Aceh tahun 2004 silam, Bengkulu, Lampung, Banten, Yogya, dan yang terjadi dalam dua tahun terakhir yakni di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah dan terakhir di Maluku saat ini.

Jokowi menyebut, bencana gempa yang terus terjadi di Indonesia itu lantaran bangsa Indonesia berada pada kawasan cincin api sehingga sangat rentan.

Sehingga, ia meminta warga agar terus waspada dan berdoa agar berbagai bencana yang terjadi dapat segera berakhir.

“Kita memang tidak ingin dan selalu mohon kepada Allah SWT agar kita selalu dihindarkan  dari yang namanya gempa dan tsunami tetapi kalau Allah sudah berkehendak  maka kita harus menerima dan siap,” katanya.

Baca juga: Beri Minimal Rp 10 Juta untuk Perbaiki Rumah Korban Gempa, Jokowi: Cukup atau Tidak, Terserah Bapak Ibu...

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga sempat menceritakan sejarah singkat soal musibah gempa dan tsunami yang pernah terjadi di Maluku sejak tahun 1674 silam.

Dia pun tak lupa mengingatkan warga agar tetap bersabar menghadapi cobaan yang diberikan Tuhan.

Kunjungan Jokowi ke lokasi pengungsian tersebut ikut didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Maluku Murad Ismail, Bupati Maluku Tengah, dan para pejabat daerah lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com