Pemkab Karawang Mengalokasikan hingga 20 Persen Beasiswa untuk Santri

Kompas.com - 22/10/2019, 11:35 WIB
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana memberikan penghargaan kepada santri berprestasi pada peringatan Hari Santri Nasional di Plaza Kantor Pemkab Karawang, Selasa (22/10/2019). KOMPAS.COM/FARIDABupati Karawang Cellica Nurrachadiana memberikan penghargaan kepada santri berprestasi pada peringatan Hari Santri Nasional di Plaza Kantor Pemkab Karawang, Selasa (22/10/2019).

KARAWANG, KOMPAS.com - Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalokasikan 15 hingga 20 persen dari anggaran beasiswa yang dikucurkan untuk santri yang menuntut ilmu di perguruan tinggi.

"Kami anggarkan beasiswa bagi putra-putri Karawang sebesar Rp 31 miliar. Sebanyak 15 sampai 20 persen untuk santri, misalnya santri yang kuliah di IAIN dan Kairo, Mesir," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana usai peringatan Hari Santri Nasional di Plaza Pemkab Karawang, Selasa (22/10/2019).

Baca juga: Bupati Trenggalek Berharap Santri Menjadi Pelopor Toleransi dan Perdamaian

Hanya saja, menurut Cellica, beasiswa bagi santri tersebut diperuntukkan bagi putra-putri Karawang yang berprestasi dan benar-benar membutuhkan bantuan biaya.

"Ini untuk santri yang lahir di Karawang, warga Karawang. IPK-nya bagus, 3,25," kata dia.

Untuk hal-hal lain mengenai beasiswa bagi santri tersebut, kata Cellica, bakal ditentukan lebih lanjut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karawang Sopian menyambut baik rencana pemberian beasiswa bagi santri tersebut.

Ia pun berharap Karawang menjadi kota santri yang aman dan nyaman.

"Di setiap kecamatan ada kampung santri. Bahkan Bupati (Karawang) sendiri menghadiri peresmian kampung santri di Kecamatan Cilebar, beberapa waktu lalu," kata Sopian.

Di Karawang sendiri, menurut Sopian, terdapat 509 pesantren yang telah diverifikasi dari jumlah seluruhnya sekitar 900 pesantren.

Verifikasi dilakukan untuk memastikan pondok pesantren betul-betul memenuhi standar dan ketentuan yang ditetapkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X