Angin Kencang, Sebagian Akses Wisata Dataran Tinggi Dieng Tertutup

Kompas.com - 21/10/2019, 22:06 WIB
Warung di kompleks wisata Candi Arjuna Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, rusak akibat angin kencang, Senin (21/10/2019). DOK UPT OBYEK WISATA DIENGWarung di kompleks wisata Candi Arjuna Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, rusak akibat angin kencang, Senin (21/10/2019).

 

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Angin kencang yang melanda kawasan dataran tinggi Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak Minggu (20/10/2019) menyebabkan pohon tumbang.

Kepala UPT Obyek Wisata Dieng Aryadi Darwanto mengatakan, pohon tumbang mengakibatkan sejumlah fasilitas di tempat wisata rusak.

Akses jalan menuju Kawah Sikidang juga tertutup pohon yang melintang di jalan.

"Kalau di Dieng lumayan merusak, fasilitas seperti warung beberapa rusak, rolling door loket rusak. Kurang lebih enam pohon tumbang, sehingga akses ke Sikidang tertutup," kata Aryadi saat dihubungi, Senin (21/10/2019).

Baca juga: Angin Kencang di Dataran Tinggi Dieng, Pohon Tumbang dan Rumah Rusak

Basecamp pendakian Gunung Prau dan mushala, kata Aryadi juga dilaporkan rusak. Selain itu, kompleks wisata Telaga Warna juga dimungkinkan rusak karena terdapat banyak pohon-pohon besar.

"Kalau di kompleks candi aman, karena tidak ada pohon-pohon besar seperti di Kawah Sikidang. Ini juga sudah banyak wisatawan datang, sementara dialihkan ke Batu Pandang," ujar Aryadi.

Aryadi mengatakan angin kencang mulai melanda kawasan dataran tinggi Dieng sejak beberapa hari terakhir. Angin semakin kencang mulai Minggu malam hingga Senin pagi.

"Untuk tempat-tempat wisata tetap aman dikunjungi. Kalau sekarang angin tidak begitu kencang, kencangnya ketika malam hari sampai pagi hari. Siang anginnya kencang, tapi tidak sampai merusak," kata Aryadi.

Baca juga: Batuan Kuno yang Terpendam di Dataran Tinggi Dieng Bekas Candi

Diberitakan sebelumnya, angin kencang di kawasan dataran tinggi Dieng juga disertai kabut asap akibat kebakaran hutan.

Sejumlah rumah rusak dan menutup akses jalan akibat  pohon tumbang. Selain itu sebuah mobil juga dilaporkan rusak akibat tertimpa pohon.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X