Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batuan Kuno yang Terpendam di Dataran Tinggi Dieng Bekas Candi

Kompas.com - 07/09/2019, 16:54 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Balai Pelestari Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah telah mengamankan batu-batu kuno yang ditemukan di kawasan dataran tinggi Dieng, tepatnya di area terminal Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Juru Pelihara BPCB Jateng Tusar menyebut, batu-batuan kuno yang ditemukan di area tersebut telah diamankan. Untuk sementara batu-batu tersebut dievakuasi di lokasi yang tidak jauh dari area terminal.

"Sementara untuk batu yang sudah terbuka dikumpulkan, diamankan. Sudah banyak sekali (yang ditemukan), sudah ratusan," kata Tusar saat dihubungi, Sabtu (7/9/2019).

Baca juga: Ditemukan, Puluhan Batu Kuno Terpendam di Dataran Tinggi Dieng

Menurut rencana, batu-batu tersebut nantinya akan dikumpulkan atau ditata di kompleks candi di wilayah setempat.

Tusar menjelaskan batu-batu kuno yang ditemukan termasuk benda purbakala. Batu-batu tersebut diduga kuat merupakan batu bekas bangunan candi.

"Ini termasuk benda purbakala, ini batu-batu candi, tapi batu biasa tidak ada reliefnya. Kemungkinan batu-batu pondasi candi. 

Baca juga: Badan Geologi Bawa Sampel Tanah dan Batuan dari Lokasi Tanah Bergerak di Nyalindung

Seperti diberitakan, batu kuno tersebut ditemukan saat pengerjaan proyek revitalisasi terminal Dieng Wetan, Sabtu (7/9/2019).

Bebatuan ditemukan terpendam di area sisi utara terminal dengan luas sekitar 1X20 meter.

Ukuran batu yang ditemukan bervariasi, yang terbesar memiliki ukuran panjang sekitar 15X50 sentimeter dengan ketebalan sekitar 30 sentimeter. Batu tersebut diduga merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com