Salin Artikel

Angin Kencang, Sebagian Akses Wisata Dataran Tinggi Dieng Tertutup

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Angin kencang yang melanda kawasan dataran tinggi Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sejak Minggu (20/10/2019) menyebabkan pohon tumbang.

Kepala UPT Obyek Wisata Dieng Aryadi Darwanto mengatakan, pohon tumbang mengakibatkan sejumlah fasilitas di tempat wisata rusak.

Akses jalan menuju Kawah Sikidang juga tertutup pohon yang melintang di jalan.

"Kalau di Dieng lumayan merusak, fasilitas seperti warung beberapa rusak, rolling door loket rusak. Kurang lebih enam pohon tumbang, sehingga akses ke Sikidang tertutup," kata Aryadi saat dihubungi, Senin (21/10/2019).

Basecamp pendakian Gunung Prau dan mushala, kata Aryadi juga dilaporkan rusak. Selain itu, kompleks wisata Telaga Warna juga dimungkinkan rusak karena terdapat banyak pohon-pohon besar.

"Kalau di kompleks candi aman, karena tidak ada pohon-pohon besar seperti di Kawah Sikidang. Ini juga sudah banyak wisatawan datang, sementara dialihkan ke Batu Pandang," ujar Aryadi.

Aryadi mengatakan angin kencang mulai melanda kawasan dataran tinggi Dieng sejak beberapa hari terakhir. Angin semakin kencang mulai Minggu malam hingga Senin pagi.

"Untuk tempat-tempat wisata tetap aman dikunjungi. Kalau sekarang angin tidak begitu kencang, kencangnya ketika malam hari sampai pagi hari. Siang anginnya kencang, tapi tidak sampai merusak," kata Aryadi.

Diberitakan sebelumnya, angin kencang di kawasan dataran tinggi Dieng juga disertai kabut asap akibat kebakaran hutan.

Sejumlah rumah rusak dan menutup akses jalan akibat  pohon tumbang. Selain itu sebuah mobil juga dilaporkan rusak akibat tertimpa pohon.

https://regional.kompas.com/read/2019/10/21/22061501/angin-kencang-sebagian-akses-wisata-dataran-tinggi-dieng-tertutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke