Fakta Jelang Pelantikan Presiden, Keamanan Rumah Jokowi Berlapis hingga Patroli di Sekolah

Kompas.com - 18/10/2019, 18:04 WIB
Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo-Ma?ruf Amin, pada Minggu (20/10/2019) mendatang,  Kepolisian Polres Palopo melakukan apel gelar pasukan gabungan Kepolisian, TNI dan unsur Pemerintah Kota Palopo serta melakukan Show Force keliling Kota Palopo, Jumat (18/10/2019). MUH. AMRAN AMIRJelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Joko Widodo-Ma?ruf Amin, pada Minggu (20/10/2019) mendatang, Kepolisian Polres Palopo melakukan apel gelar pasukan gabungan Kepolisian, TNI dan unsur Pemerintah Kota Palopo serta melakukan Show Force keliling Kota Palopo, Jumat (18/10/2019).

KOMPAS.com - Pengamanan di sejumlah daerah menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, mulai diperketat.

Salah satunya di kediaman pribadi Presiden Jokowi di Kota Solo. Selain 700 personel polisi dikerahkan, aparat keamanan memberlakukan pengamanan pola berlapis. 

Lalu, Kepolisian Resor Bogor (Polres Bogor) akan melakukan pengamanan di sejumlah obyek seperti sekolah dan perguruan tinggi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Seperti diketahui, pelantikan presiden dan wakil presiden akan digelar pada Minggu (20/10/2019) mendatang.

Berikut ini fakta lengkapnya:

1. Polisi amankan sekolah-sekolah di Bogor

Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni saat ditemui awak media di ruang rapat Bupati Bogor, Cibinong, Bogor,, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni saat ditemui awak media di ruang rapat Bupati Bogor, Cibinong, Bogor,, Jawa Barat, Rabu (16/10/2019).
Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni mengatakan, pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan pengamanan di sekolah.

"Iya (termasuk sekolah) kita koordinasi karena ada KCD dari dinas provinsi dan kabupaten, agar (siswa) tidak mengikuti ajakan-ajakan liar yang tidak jelas peruntukannya dan memang bukan untuk siswa. Siswa sendiri tugasnya ya belajar," terangnya.

Sementara itu, personel Joni enggan menyebut lebih rinci jumlah personel yang akan disiagakan di sekolah.

Menurutnya, polisi juga akan menyisir sejumlah objek tertentu seperti jalan tol yang ada di wilayah hukum Polres Bogor.

Baca juga: Polisi Jaga Sekolah-sekolah di Bogor Jelang Pelantikan Presiden

2. Pengamanan di Kota Solo libatkan 700 personel

Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai di Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai di Solo, Jawa Tengah, Jumat (18/10/2019).

Sebenyak 700 personel dikerahkan untuk mengamankan Kota Solo, Jawa Tengah, menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma'ruf Amin, Minggu (20/10/2019).

Hal tersebut disampaikan Kapolresta Surakarta AKBP Andy Rifai saat dikonfirmasi Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Rabu (16/10/2019) malam.
Menurutnya, dari jumlah itu masih ditambah personel bantuan dari Polri dan Brimob Polda Jateng.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X