Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asap Misterius Keluar dari Tanah Warga, Ini Penjelasan DLH Jombang

Kompas.com - 18/10/2019, 10:50 WIB
Moh. SyafiĆ­,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JOMBANG, KOMPAS.com - Asap misterius yang keluar di lahan milik warga Jombang, Jawa Timur, terjadi akibat masalah jaringan listrik.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Wasdal Gakkum Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang Yuli Inayati, Kamis (17/10/2019). 

Ia menjelaskan, pihaknya telah meninjau lokasi keluarnya asap dari tanah pada Senin (14/10/2019) lalu.

Berdasarkan pengamatan Tim DLH, peristiwa keluarnya asap yang berdekatan dengan tiang listrik, memiliki kemiripan pola dengan peristwa sebelumnya.

Baca juga: Asap Misterius di Tanah Tak Lagi Keluar, Bau Menyengat Masih Tercium

Problem hantaran listrik

Peristiwa yang sama pernah terjadi di Desa Plandi Kabupaten Jombang. Di tempat itu, asap yang keluar dari tanah disebabkan karena ada problem hantaran listrik.

Atas dasar itu, kata Yuli, tim survei dari DLH Jombang menghubungi PLN untuk melakukan pengecekan.

"Dari hasil survei, ada pengalaman dan kemiripan dengan kejadian sebelumnya di lokasi lain," kata Yuli kepada Kompas.com, Kamis (17/10/2019).

"Itu karena ada problem daya hantar listrik. Makanya tim kami langsung menghubungi PLN dan langsung direspon oleh PLN," kata Yuli melanjutkan penjelasannya.

Baca juga: Asap Misterius Muncul di Tegalan, Warga Bangli Heboh 

Ada kabel yang bermasalah

Rofiq, warga Dusun Gedangan, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, saat mengorek tanah yang mengeluarkan asap misterius, Selasa (15/10/2019).KOMPAS.com/MOH SYAFIÍ Rofiq, warga Dusun Gedangan, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, saat mengorek tanah yang mengeluarkan asap misterius, Selasa (15/10/2019).
PLN, lanjut Yuli, pada Senin siang langsung menerjunkan petugas.

Berdasarkan pengecekan, terdapat beberapa kabel yang bermasalah.

"Keterangan yang kami dapatkan dari PLN, ternyata ada kabel ilegal untuk lampu penerangan jalan umum (PJU), kabelnya itu mengelupas sehingga menyebabkan tiangnya panas sampai ke tanah. Tapi sekarang sudah teratasi," beber Yuli.

Pantauan Kompas.com, Rabu (16/10/2019) pagi, Asap misterius yang keluar di lahan milik warga Jombang Jawa Timur, tak lagi nampak.

Pada Senin (14/10/2019) lalu, warga Dusun Gedangan, Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, dihebohkan dengan munculnya asap misterius dari tanah di lahan milik Abdul Muiz.

Baca juga: Asap Misterius dan Bau Menyengat Keluar dari Sebidang Tanah Warga Jombang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com