Sedang Merebus Air Saat Gempa Susulan, Rumah Ati Ludes Terbakar

Kompas.com - 04/10/2019, 17:37 WIB
Rumah warga di Dusun Hurnala, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah hangus terbakar setelah gempa susulan terjadi di dusun tersebut, Rabu malam (2/9/2019) Foto Humas Polres Pulau Ambon KOMPAS.com/RAHMAT RAHMAN PATTYRumah warga di Dusun Hurnala, Desa Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah hangus terbakar setelah gempa susulan terjadi di dusun tersebut, Rabu malam (2/9/2019) Foto Humas Polres Pulau Ambon

AMBON, KOMPAS.com - Sebuah rumah warga di Dusun Hurnala, Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah hangus terbakar setelah sebuah gempa bumi susulan mengguncang wilayah tersebut.

Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Ipda Julkisno Kaisupy mengatakan kebakaran menghanguskan rumah tersebut saat pemilik rumah sedang merebus air di rumah miliknya.

“Kejadiannya Rabu malam kemarin, saat itu pemilik rumah ibu Ati sedang merebus air tiba-tiba terjadi gempa susulan,”kata Julkisno kepada Kompas.com, Jumat (4/9/2019).

Dia mengatakan saat gempa susulan terjadi sekira pukul 20.50 WIT, Ati langsung berusaha menyelamatkan diri tanpa mematikan kompor di dapur rumahnya yang sedang menyala.

Saat itulah, rumahnya langsung terbakar.

“Kebakaran bersumber dari kompor yang sedang menyala dan merembet  ke dinding papan sehingga mengakibatkan rumah habis terbakar,” katanya.

Baca juga: Saat Badai dan Hujan Lebat, Pengungsi Gempa Melahirkan Tanpa Bantuan Medis di Gubuk Reyot

Baru pulang dari pengungsian

Ati sendiri kata Julkisno sejak hari pertama gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya memilih mengungsi ke hutan.

Dia baru turun ke rumahnya untuk memasak air dan saat itu gempa susulan terjadi.

Menurut Julkisno saat kejadian itu, pemilik rumah sempat menyelamatkan beberapa barangnya.

Namun rumahnya tidak bisa dipadamkan karena warga juga kepanikan saat itu dan lari berhamburan menyelamatkan diri.

“Saat itu warga juga panik jadi tidak bisa menolong untuk memadamkan kebakaran itu, semua lari berhamburan. Saat itu juga pemilik rumah langsung pergi ke tempat pengungsian,”ujarnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X