Salin Artikel

Sedang Merebus Air Saat Gempa Susulan, Rumah Ati Ludes Terbakar

Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Ipda Julkisno Kaisupy mengatakan kebakaran menghanguskan rumah tersebut saat pemilik rumah sedang merebus air di rumah miliknya.

“Kejadiannya Rabu malam kemarin, saat itu pemilik rumah ibu Ati sedang merebus air tiba-tiba terjadi gempa susulan,”kata Julkisno kepada Kompas.com, Jumat (4/9/2019).

Dia mengatakan saat gempa susulan terjadi sekira pukul 20.50 WIT, Ati langsung berusaha menyelamatkan diri tanpa mematikan kompor di dapur rumahnya yang sedang menyala.

Saat itulah, rumahnya langsung terbakar.

“Kebakaran bersumber dari kompor yang sedang menyala dan merembet  ke dinding papan sehingga mengakibatkan rumah habis terbakar,” katanya.

Baru pulang dari pengungsian

Ati sendiri kata Julkisno sejak hari pertama gempa berkekuatan 6,8 magnitudo mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya memilih mengungsi ke hutan.

Dia baru turun ke rumahnya untuk memasak air dan saat itu gempa susulan terjadi.

Menurut Julkisno saat kejadian itu, pemilik rumah sempat menyelamatkan beberapa barangnya.

Namun rumahnya tidak bisa dipadamkan karena warga juga kepanikan saat itu dan lari berhamburan menyelamatkan diri.

“Saat itu warga juga panik jadi tidak bisa menolong untuk memadamkan kebakaran itu, semua lari berhamburan. Saat itu juga pemilik rumah langsung pergi ke tempat pengungsian,”ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa 6,8 magnitudo sebelumnya mengguncang Pulau Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat pada Kamis (26/9/2019) tsekira pukul 08.46 Wit.

Adapun lokasi gempa berada pada titik koordinat 3.38 Lintang Selatan,128.43 Bujur Timur atau berjarak 40 km Timur Laut Ambon-Maluku dan 9 km Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat  dengan kedalaman 10 Km.

Akibat gempa tersebut tercatat 38 orang meninggal dunia dan ratusan lainnya mengalami luka-luka.

Selain korban jiwa, gempa tersebut juga mengakibatkan kerusakan rumah-rumah warga, sekolah, rumah ibadah, perkantoran dan fasilitas publik lainnya. 

https://regional.kompas.com/read/2019/10/04/17375631/sedang-merebus-air-saat-gempa-susulan-rumah-ati-ludes-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke