Peringatan G30S, Pemkot Pangkal Pinang Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Kompas.com - 30/09/2019, 11:42 WIB
Pengibaran bendera setengah tiang di Balaikota Pangkal Pinang, Senin (30/9/2019). KOMPAS.com/HERU DAHNURPengibaran bendera setengah tiang di Balaikota Pangkal Pinang, Senin (30/9/2019).

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Bendera setengah tiang dikibarkan di setiap kantor pemerintah daerah di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (30/9/2019).

Pengibaran bendera untuk memperingati peristiwa G30S itu dilakukan setelah adanya instruksi resmi dari pemerintah pusat.

Baca juga: Partai Berkarya Gelar Nonton Bareng G30S 


"Ada instruksi dari pusat dan telah kami teruskan ke setiap OPD agar pengibaran setengah tiang. Khusus hari ini setiap kantor sama," kata Sekda Pangkal Pinang Ratmida Dawam di balai kota, Senin.

Ratmida mengatakan, perjalanan sejarah bangsa memiliki banyak dinamika sehingga perlu dipelajari dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika.

"Momen bersejarah ini kita harus paham akan sejarah bangsa. Bahwa kemajemukan itu harus dipertahankan," ujar dia.

Diharapkan, pengibaran bendera setengah tiang bisa mengingatkan generasi akan peristiwa bersejarah G30S.

Baca juga: Soal Nobar Film G30S, Wiranto Sebut Itu Imbauan Gatot Nurmantyo

Dalam peristiwa itu, sejumlah perwira Angkatan Darat diculik dan dibunuh sekelompok golongan yang ingin mengubah haluan Pancasila.

Pemerintah yang berhasil mengendalikan situasi akhirnya menumpas dan membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dianggap sebagai dalang kerusuhan.

Atas kemenangan mempertahankan ideologi negara, setelah peristiwa G30S tepatnya 1 Oktober ditetapkan sebagai hari kesaktian Pancasila.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X