Belasan Karung Sampah Pendaki Diturunkan dari Bukit Mongrang Gunung Lawu

Kompas.com - 23/09/2019, 11:54 WIB
Masih banyak pendaki Gunung Lawu yang belum peduli dengan kebersihan lingkungan, PWM Magetan angkut 12 karung sampah dari Bukit Mongrang. KOMPAS.COM/SUKOCOMasih banyak pendaki Gunung Lawu yang belum peduli dengan kebersihan lingkungan, PWM Magetan angkut 12 karung sampah dari Bukit Mongrang.

MAGETAN, KOMPAS.com –  Masih banyak pendaki ke puncak Lawu yang belum peduli dengan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan saat melaukan pendakian.

Lebih dari 12 karung sampah plastik dibawa turun oleh komunitas Paguyuban Wong Magetan (PWM) yang melakukan aksi  peduli kebersihan lingkungan  degan melakukan aksi pungut sampah di Bukit Mongrang jalur menuju puncak Lawu pada Minggu (22/9/2019).

“12 karung sampah kita bawa turun, kebanyakan plastik bungkus mie instan, bungkus minuman sachet, dan botol air mineral,” ujar Ketua PWM Candra, Senin (23/9/2019).


Baca juga: Kisah Sukses Bank Sampah Hade Jaya, Berawal dari Banjir Bandang...

Selain plastik mie instan, sepanjang jalur pendakian Gunung Lawu di Bukit Mongrang juga ditemukan sampah tisu yang digunakan warga.

Anggota PWM yang menyisir jalur pendakian hingga pos 3 juga menemukan sejumlah botol bekas air mineral yang digunakan untuk menampung buang air kecil pendaki.

“Ada sebagian yang kita temukan, sebagian malah ditaruh di plastik. Semua kita angkut bawa turun,” tambah Candra.

Baca juga: Bupati Trenggalek Turut Pawai Budaya Sambil Pungut Sampah

Aksi pungut sampah di Bukit Mongrang, menurut Candra, merupakan bagian dari program Nol Sampah dari  PWM dalam mempringati  Word Clean Day.

Menurutnya, dengan semakin banyak pendaki yang peduli dengan kebersihan lingkungan maka para pendaki akan lebih bisa menikmati keindahan Bukit Mongrang.

Selain Komunitas PWM, sejumlah komunitas peduli kebersihan lingkungan lainnya juga terlihat melakukan aksi yang sama di Bukit Mongrang.

“Setidaknya para pendaki membawa turun sampah mereka sendiri saja sudah sangat membantu menjaga kebersihan lingkungan Bukit Mongrang,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X