Salin Artikel

Belasan Karung Sampah Pendaki Diturunkan dari Bukit Mongrang Gunung Lawu

MAGETAN, KOMPAS.com –  Masih banyak pendaki ke puncak Lawu yang belum peduli dengan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan saat melaukan pendakian.

Lebih dari 12 karung sampah plastik dibawa turun oleh komunitas Paguyuban Wong Magetan (PWM) yang melakukan aksi  peduli kebersihan lingkungan  degan melakukan aksi pungut sampah di Bukit Mongrang jalur menuju puncak Lawu pada Minggu (22/9/2019).

“12 karung sampah kita bawa turun, kebanyakan plastik bungkus mie instan, bungkus minuman sachet, dan botol air mineral,” ujar Ketua PWM Candra, Senin (23/9/2019).

Selain plastik mie instan, sepanjang jalur pendakian Gunung Lawu di Bukit Mongrang juga ditemukan sampah tisu yang digunakan warga.

Anggota PWM yang menyisir jalur pendakian hingga pos 3 juga menemukan sejumlah botol bekas air mineral yang digunakan untuk menampung buang air kecil pendaki.

“Ada sebagian yang kita temukan, sebagian malah ditaruh di plastik. Semua kita angkut bawa turun,” tambah Candra.

Aksi pungut sampah di Bukit Mongrang, menurut Candra, merupakan bagian dari program Nol Sampah dari  PWM dalam mempringati  Word Clean Day.

Menurutnya, dengan semakin banyak pendaki yang peduli dengan kebersihan lingkungan maka para pendaki akan lebih bisa menikmati keindahan Bukit Mongrang.

Selain Komunitas PWM, sejumlah komunitas peduli kebersihan lingkungan lainnya juga terlihat melakukan aksi yang sama di Bukit Mongrang.

“Setidaknya para pendaki membawa turun sampah mereka sendiri saja sudah sangat membantu menjaga kebersihan lingkungan Bukit Mongrang,” ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/09/23/11544331/belasan-karung-sampah-pendaki-diturunkan-dari-bukit-mongrang-gunung-lawu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke