Cara Menuju Negeri di Atas Awan yang Hanya 3 Jam dari Jakarta

Kompas.com - 18/09/2019, 07:41 WIB
Pesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (15/9/2019). KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDINPesona Negeri di Atas Awan di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (15/9/2019).

LEBAK, KOMPAS.com - Kabupaten Lebak, Banten, memiliki sebuah desa terpencil dengan panorama alam menakjubkan. Desa itu bernama Citorek Kidul yang berada di Kecamatan Cibeber.

Namun sebagian wisatawan menyebutnya Negeri di Atas Awan Gunung Luhur.

Desa tersebut masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Desa Citorek Kidul disebut negeri di atas awan karena lokasinya mirip berada di atas awan.

Panorama hamparan awan dapat dilihat dari atas gunung yang masuk kawasan Desa Citorek Kidul.

Kendati disebut gunung, namun Negeri di Atas Awan Gunung Luhur ini hanya memiliki ketinggian 901 di atas laut (Mdpl).

Baca juga: Pembangunan Ruas Jalan Cipanas-Warung, Buka Akses ke Negeri di Atas Awan

Negeri di Atas Awan ini memiliki jarak yang tak jauh dari ibu kota Jakarta. Perjalanan cukup ditempuh dengan waktu 3 jam.

Akses menuju lokasi juga bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua dan empat. Jalannya terbilang bagus kendati belum diaspal.

salah satu pengelola Gunung Luhur, Sukmadi mengatakan, Negeri di Atas Aan ini pertama kali ditemukan oleh pekerja yang tengah memperbaiki jalan provinsi di Lebak utara dan selatan.

Surga tersembunyi di Kabupaten Lebak ini ditemukan pada Bulan September 2018. Foto-foto panorama alamnya pun kemudian viral di media sosial hingga memantik penasaran warga.

"Sekitar bulan September 2018, diikuti oleh warga sini yang juga penasaran, kemudian difoto lalu diunggah ke medsos, akhirnya viral," kata Sukmadi kepada Kompas.com, Minggu (15/9/2019).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X