Polres Gresik Juara Dua Pelayanan Satpas Terbaik se-Indonesia, Apa yang Dilakukan?

Kompas.com - 13/09/2019, 13:23 WIB
Kasatlantas Polres Gresik, AKP Wikha Ardilestanto (tengah), saat menerima penghargaan sebagai runner up pelayanan Satpas terbaik se-Indonesia. Dok. Satlantas Polres GresikKasatlantas Polres Gresik, AKP Wikha Ardilestanto (tengah), saat menerima penghargaan sebagai runner up pelayanan Satpas terbaik se-Indonesia.

GRESIK, KOMPAS.com - Polres Gresik berhasil menduduki posisi kedua dalam penilaian lomba pelayanan Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) terbaik se-Indonesia, yang diselenggarakan Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri).

Adapun, kegiatan tersebut dalam rangka mendukung kegiatan penerapan zero complaint atau pelayanan terpadu tanpa adanya keluhan selama 2019.

Dalam nominasi ini, Polres Gresik yang diwakili oleh Satuan Lalu Lintas ( Satlantas) mengusung program andalan mereka, Creative Augmented Reality Education atau yang biasa disebut dengan CARE.

"Alhamdulillah Satpas Polres Gresik Juara II Satpas Terbaik Nasional 2019," tulis Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto melalui pesan singkat, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: Kasus Sabu, Eks Kiper Persijap Jepara Sempat Tidur di Sawah dengan Tangan Diborgol

Pada agenda ini, Satpas Daan Mogot Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sukses menyabet gelar sebagai yang terbaik, diikuti Satpas Polres Gresik, kemudian Satpas Polrestabes Bandung di posisi ketiga.

Sebelumnya, Wikha dan perwakilan dari Satpas Daan Mogot Ditlantas Polda Metro Jaya dan juga Satpas Polrestabes Bandung lebih dulu melakukan paparan di hadapan dewan penilai, terkait keunggulan dari masing-masing program yang mereka usung.

Adapun, CARE merupakan aplikasi kreatif pengenalan rambu lalu lintas serta imbauan keselamatan bagi pengguna jalan, dengan memanfaatkan teknologi augmented reality atau proyeksi tiga dimensi.

Aplikasi ini terdapat dalam sebuah kartu yang diberikan kepada pemohon SIM yang dinyatakan lulus ujian praktik.

Selain itu, Satlantas Polres Gresik juga terus mencegah praktik percaloan dalam pengurusan SIM dengan memberlakukan sistem satu pintu alias one gate system.

Satlantas Gresik juga mengadakan pelatihan bagi pemohon SIM secara gratis.

Tak cuma dalam pelayanan administrasi berkendara. Satlantas Polres Gresik juga berkegiatan dalam membantu warga di bidang sosial.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X