Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Penderita ISPA Meningkat Akibat Kabut Asap, Dinkes Sumsel Bagikan 6.000 Masker

Kompas.com - 11/09/2019, 09:48 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan membagikan 6.000 masker kepada seluruh pengendara di Palembang untuk mengantisipasi tingginya pengidap Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pembagian itu berlangsung di dua tempat yakni kawasan Jalan Radial serta Jalan Jenderal Sudirman, Rabu (11/9/2019).

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan Dinkes Sumsel M Rizal mengatakan, pembagian masker tersebut untuk mengedukasi kepada masyarakat agar tidak terpapar secara langsung kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang saat ini sedang berlangsung.

Sebab, polusi udara yang tak sehat dapat menimbulkan gejala penyakit ISPA kepada masyarakat. Terlebih lagi saat beraktivitas di luar rumah.

Baca juga: Viral Video Jembatan Muara Sabak Diselimuti Kabut Asap Pekat, Jarak Pandang 100 Meter

"Masyarakat harus sadar, penggunaan masker ini untuk mencegah agar tak terkena ISPA," kata Rizal.

Rizal pun mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar ruangan selama kondisi kualitas udara yang terus menurun akibat terpapar kabut asap.

"Kita juga sudah membuat surat edaran kepada Dinkes Kabupaten/kota terdampak untuk segera mengambil langkah secepatnya agar penderita ISPA bisa dicegah," ujarnya.

Baca juga: Bantah RI Penyebab Tunggal Kabut Asap, Menteri Siti Protes Malaysia

Anak-anak rentan kena ISPA

Dari catatan Dinkes Sumsel, 5.241 warga terkena ISPA sepanjang Agustus 2019. Hampir semua yang terkena merupakan anak di usia dibawah satu tahun hingga diatas lima tahun.

Palembang sendiri, merupakan penderita ISPA terbanyak yang mencapai 2.919 anak, seluruhnya merupakan anak dibawah berumur lima tahun ke bawah.

Untuk usia dibawah satu tahun, jumlah penderita mencapai 276, lalu usia satu sampai lima tahun mencapai 819 penderita dan anak diatas lima tahun mencapai 1.824.

"Masyarakat diharapkan melakukan pemeriksaan secara langsung ke layanan kesehatan jika ada keluhan ISPA. Kita imbau warga untuk memakai masker," tambah Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Sumsel, Mulyono.

Baca juga: Kabut Asap Melanda, Kenali Gejala ISPA yang Mengintai Anda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com