Meriahnya Karnaval Musik Sambut HUT Ke-444 Kota Ambon

Kompas.com - 06/09/2019, 18:28 WIB
Mahasiswa Papua ikut memeriahkan karnaval musik yang diselenggrakan dalam rangkah menyabut HUT Kota Ambon, Jumat (6/9/2019), KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTYMahasiswa Papua ikut memeriahkan karnaval musik yang diselenggrakan dalam rangkah menyabut HUT Kota Ambon, Jumat (6/9/2019),

AMBON, KOMPAS.com - Ribuan warga Kota Ambon tumpah ruah di jalan-jalan utama di kota itu untuk memeriahkan karnaval musik yang diselenggarakan di ibu kota Provinsi Maluku itu, Jumat (6/9/2019).

Kegiatan karnaval musik yang mengangkat tema "Ambon Ponoh Deng Musik" itu sengaja diselenggarakan Pemerintah Kota Ambon dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-444 Kota Ambon yang jatuh pada Sabtu (7/9/2019) besok.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, para peserta yang ikut dalam karnaval musik ini tidak hanya berasal dari desa-desa dan kelurahan di Kota Ambon, tetapi juga instansi pemerintah, BUMN hingga komunitas ojek online.

Bahkan sejumlah paguyuban nusantara seperti dari Batak, Minang, Bugis Makassar, Jawa, Sunda dan Papua juga ikut ambil bagian dalam acara tersebut.


Yang menarik dalam karnaval ini, setiap grup peserta karnaval tidak hanya menggenakan pakaian daerah, tetapi juga menghiasi kendaraannya dengan bentuk yang unik.

Umumnya kendaraan yang dihias ada motif alat musik baik gitar, biola maupun organ dan tifa.

Para peserta karnaval juga membawa berbagai alat musik di kendaraan sambil memainkannya saat pawai keliling kota Ambon.

Selain itu banyak diantara peserta karnaval yang berjalan kaki ikut menari dan berdansa sambil diiringi tabuhan musik.

Perserta lainnya ada juga yang memadukan kolaborasi musik etnik seperti totobuang dan syawat serta terompet dan tabuhan rebana.

Mereka memainkan musik yang indah hingga memukau ribuan warga yang menonton acara tersebut.

Berdasarkan pantauan di lapangan, peserta yang ikut dalam karnaval tersebut lebih dari 2.000 orang yang tergabung dalam 75 grup.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X