Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Ambon, Mahasiswa Papua Diajak Makan Malam dan Bernyanyi di Kediaman Wali Kota

Kompas.com - 03/09/2019, 13:50 WIB
Rahmat Rahman Patty,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa asal Papua yang menimba ilmu di sejumlah perguruan tinggi di Kota Ambon, diundang makan malam dan bernyanyi bersama di rumah dinas Wali Kota Ambon di kawasan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau.

Kegiatan yang berlangsung dalam suasana keakraban dan penuh kekeluargaan itu turut dihadiri para pejabat pemerintah Kota Ambon, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Sutrisno Hady Santoso, Dandim 1504 Pulau Ambon, Wakil Rektor III Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) dan Wakil Rektor III Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon.

“Ini undangan dari Pak Wali Kota Ambon. Jadi, kegiatan ini untuk merangkul mahasiswa Papua yang ada di Kota Ambon,” kata Kasubbag Protokol Pemerintah Kota Ambon, Aulia kepada Kompas.com, Selasa (3/9/2019).

Baca juga: Asrama Mahasiswa di Ambon Hangus Terbakar

Aulia mengatakan, kegiatan makan malam dan bernyanyi bersama mahasiswa Papua itu sengaja dilakukan Pemerintah Kota Ambon agar mahasiswa Papua yang ada di Ambon, tidak terpengaruh dengan kondisi terkini yang ada di daerah asalnya.

“Lagu-lagu dari daerah Papua ikut dinyanyikan. Jadi, kami merangkul mereka agar jangan mereka terpengaruh dengan informasi-informasi dari luar,” ujar dia.

Cara yang dilakukan itu, kata Aula, juga untuk mewujudkan Kota Ambon agar tetap aman dan kondusif, dan kondisi yang terjadi di Papua tidak sampai berimbas di Kota Ambon.

"Agar Kota Ambon ini tetap kondusif, jadi kami harus merangkul semua yang ada di sini,” kata dia.

Sementara itu, Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, AKBP Sutrisno Hady Santoso mengatakan, pihaknya menjamin penuh keamanan dan keselamatan seluruh warga dan mahasiswa Papua yang ada di Kota Ambon.

Baca juga: Polda Papua Ungkap Data Kerusakan Kerusuhan Kota Jayapura

“Kami menjamin keselamatan seluruh warga dan mahasiswa Papua yang ada di Kota Ambon,” kata Hady.

Menurut dia, anggotanya selama ini juga intens membangun komunikasi dan koordinasi dengan mahasiswa Papua yang ada di Ambon.

“Terkait ada anggota yang datang ke asrama, hanya untuk membangun komunikasi bersama mahasiswa Papua dan menjamin keamanan dalam kegiatan perkuliahan serta aktivitas sehari-hari,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com