Hendak Selundupkan Benih Lobster, Petugas Bandara Ngurah Rai Ditangkap

Kompas.com - 02/09/2019, 19:00 WIB
Pelaku yang diamankan dalam kasus penyelundupan benih lobster di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Senin (2/9/2019) siang. KOMPAS.com/IMAM ROSIDINPelaku yang diamankan dalam kasus penyelundupan benih lobster di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Senin (2/9/2019) siang.

BADUNG, KOMPAS.com - Petugas Bea Cukai Ngurah Rai, Bali, menggagalkan upaya penyelundupan benih lobster sebanyak 17.192 ekor di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Senin (2/9/2019).

Nilai benih lobster tersebut diperkirakan sekitar Rp 2,6 miliar.

Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai Himawan Indarjono mengatakan, pria yang melakukan penyelundupan tersebut bernama Agus P, asal Wonogiri, Jawa Tengah.

Ia merupakan pekerja ground handling atau petugas yang memasukan barang dari kargo ke pesawat di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Penangkapan bermula dari informasi masyarakat bahwa ada sebuah barang yang diletakan di paper cup atau gelas plastik.

Namun, barang tersebut berat dan terasa dingin.

Kemudian, setelah ditunggu lama, pada pukul 06.00 Wita, barang tersebut diambil oleh pelaku.

"Jadi barang ini dikirim oleh seseorang yang kami kejar untuk ditinggal di gudang tersebut dan ternyata tadi pagi diambil pelaku ini untuk dimasukkan ke dalam pesawat," kata Himawan.

Baca juga: Seekor Paus Penuh Luka Terdampar di Pantai Serangan, Denpasar

Rencananya, benih lobster tersebut akan dibawa ke pesawat dengan tujuan Vietnam.

Benih lobster akan dibawa oleh seorang penumpang. Namun, penumpang yang bersangkutan tidak jadi terbang, karena diduga sudah mengetahui akan ditangkap.

"Jadi dititipkan di gudang. Dari gudang itu akan diambil oleh Beliau dibawa ke pesawat yang akan berangkat ke luar daerah pabean tujuan, yang tujuan akhirnya ke Vietnam," kata dia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X