Buaya Muncul di Pantai Carocok Diduga karena Pembuangan Sisa Hewan Kurban

Kompas.com - 21/08/2019, 19:46 WIB
Penampakan buaya di Pantai Carocok Pesisir Selatan, Sumatera Barat Sumber: YouTubePenampakan buaya di Pantai Carocok Pesisir Selatan, Sumatera Barat

PADANG, KOMPAS.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Pesisir Selatan Sumatera Barat telah mengidentifikasi bahwa buaya yang muncul di Pantai Carocok, Pesisir Selatan, adalah buaya muara.

"Setelah kami identifikasi buaya yang muncul di Pantai Carocok itu adalah buaya muara yang keluar dari habitatnya," kata Kepala BKSDA Resor Pesisir Selatan, Bilmar, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (21/8/2019).

Baca juga: Viral Video Penampakan Buaya di Pantai Carocok Sumbar, Ini Penjelasannya


Bilmar menyebutkan, sejak kemunculan buaya yang videonya viral di media sosial itu, pihaknya sudah melakukan observasi dan identifikasi.

Bilmar mengatakan, kuat dugaan kemunculan buaya itu dikarenakan adanya pembuangan sisa potongan hewan kurban yang dibuang ke laut dan sungai.

"Kemungkinan dipicu karena pembuangan sisa potongan hewan kurban," kata dia.

Selain itu, menurut Bilmar, juga dipicu adanya penyempitan habitat buaya muara, akibat adanya alih fungsi rawa dan hutan bakau menjadi perkebunan sawit.

Baca juga: Tim SAR Temukan Jasad Wanita yang Diduga Diterkam Buaya di Riau

"Jadinya buaya muara berenang mencari muara lain yang aman dan punya sumber makanan yang cukup. Kami imbau warga waspada," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, video penampakan seekor buaya di obyek wisata Pantai Carocok Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menjadi viral di media sosial YouTube.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X