Cerita di Balik Operasi 6 Jam Bayi Kembar Siam Aqila-Azila

Kompas.com - 15/08/2019, 17:50 WIB
Layar monitor yang menunjukkan proses operasi pemisahan bayi kembar siam Aqila dan Azila di RSU dr Soetomo, Rabu (14/8/2019) KOMPAS.COM/A. FAIZALLayar monitor yang menunjukkan proses operasi pemisahan bayi kembar siam Aqila dan Azila di RSU dr Soetomo, Rabu (14/8/2019)

KOMPAS.com - Bayi perempuan kembar siam Aqila Dewi Syabila dan Azila Dewi Sabrina, berhasil dipisahkan setelah menjalani operasi selama kurang lebih 6 jam.

Seperti diketahui, bayi asal Kendari, Sulawesi Tenggara, tersebut mengalami dempet dada dan perut atau thoracoabdomino phagus.

Operasi pemisahan bayi Aqila-Azila di Rumah Sakit dr Soetomo, Surabaya, melibatkan 70 dokter spesialis.

Baca fakta lengkapnya berikut ini:

1. Operasi Aqila-Azila berlangsung 6 jam

Ilustrasi operasi bedah.THINKSTOCK Ilustrasi operasi bedah.

Operasi pemisahan bayi kembar asal Kendari, Sulawesi Tenggara, lebih cepat dari perkiraan awal.

Putri pasangan Selvita Dewi dan Jayasrin itu menjalani operasi sejak pukul 06.15 WIB pagi hingga pukul 12.00 WIB tengah hari.

"Setelah dilakukan operasi pemisahan, kedua pasien bayi itu akan diisolasi dalam ruang PICU selama sepekan untuk menghindari infeksi di bekas rekontruksi," terang Ketua Tim Kembar Siam RSUD Dr Soetomo Dr Agus Harianto.

Baca juga: Bayi Kembar Siam Asal Kendari Aqila-Azila Berhasil Dipisahkan

2. Ada 70 dokter yang dibagi jadi tim hijau dan tim kuning

Ilustrasi doktermillionsjoker Ilustrasi dokter

Menurut Agus, dalam penanganan operasi bayi kembar Aqila-Azila dibentuk tim berjumlah 70 dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X