Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Habiskan Rp 18 Miliar Revitalisasi Taman Gedung Sate

Kompas.com - 13/08/2019, 13:31 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengucurkan dana Rp 18 miliar untuk memperbaiki taman depan dan belakang Gedung Sate.

Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Pemrov Jabar Iip Hidajat mengatakan, dana tersebut bersumber dari APBD murni 2019. Jika tak ada kendala, pengerjaan fisik akan dimulai pada September 2019.

"Total anggarannya Rp 18 miliar itu termasuk fisik dan konsultan. Lelang sekarang sudah mulai, ditargetkan awal September sudah mulai pembangunan fisik. Desember awal sudah selesai," ujar Iip saat dihubungi via telepon seluler, Selasa (13/8/2019).

Iip menjelaskan, taman yang diperbaiki meliputi area depan dan belakang Gedung Sate. Menurut Iip perbaikan itu akan membuat kawasan Gedung Sate lebih leluasa diakses masyarakat. Bahkan, di bagian belakang akan dibuat panggung terbuka permanen.

Baca juga: KPK Geledah Ruang Sekda Jabar di Gedung Sate Bandung

Meski bisa diakses langsung oleh masyarakat, ia memastikan aktivitas pegawai Pemprov Jabar tak akan terganggu.

"Jadi taman depan itu akan dibuka agar akses masyarakat lebih leluasa. Halaman belakang juga sama. Bagaimana pun Gedung Sate kan miliki kita, milik masyarakat juga. Jadi multifungsi, 1.000 PNS yang bekerja di sini nyaman, di sisi lain akses masyarakat tak dibatasi selama ikut aturan," paparnya.

Iip menuturkan, revitalisasi taman dilakukan agar tiap kegiatan bisa terfasilitasi dengan baik. Adapun masalah desain, Iip mengaku telah berkonsultasi dengan konsultan, ahli arsitektur, hingga tim cagar budaya.

"Konsepnya lebih membuka akses untuk masyarakat. Kalau desain yang unik sih enggak ada," jelasnya. 

Baca juga: Ribuan Buruh Orasi di Depan Gedung Sate, Tuntut Ridwan Kamil Hapus Pergub Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com