Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapi 1,1 Ton Pemberian Jokowi Sempat Tak Mau Makan

Kompas.com - 09/08/2019, 17:11 WIB
Markus Yuwono,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sapi bantuan Presiden Joko Widodo untuk Masjid Nur Ma’unah, Watugilang B, Mulusan, Paliyan, Gunung Kidul, Yogyakarta, tidak diperlakukan khusus sebelum disembelih pada perayaan Idul Adha, Minggu (11/8/2019).

Sapi yang baru datang sempat tidak mau makan, diduga karena stres perjalanan jauh.

"Makannya belum begitu banyak, mungkin karena kecapekan baru datang jam 10.00 WIB tadi. Saya coba tadi kasih makan jagung. Mungkin karena kelelahan dan adaptasi lingkungan juga," kata warga yang merawat sapi, Budi Raharjo, saat ditemui di rumahnya, Jumat (9/8/2019).

Baca juga: Jokowi Sumbang Sapi Jawa Seberat 1 Ton untuk Warga Surabaya

Sebagai peternak sapi, dia terbiasa melihat kondisi seperti ini, yang merupakan hal biasa dialami.

Menurut dia, hanya butuh waktu beberapa jam agar sapi jenis simental itu mau makan. 

"Mungkin sore nanti baru mau makan. Pakan hijauan, untuk minuman nanti kami sesuaikan dengan memberikan ampas tahu," kata dia. 

Selain itu, untuk keamanan sapi, dirinya bertanggung jawab penuh sehingga pada malam hari tiba, sapi itu akan terus diawasi agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

"Saya awasi sendiri, kalau tidak diikat di luar, nanti ya saya masukkan ke dalam kandang karena di dalam kandang juga ada sapi," ucap dia.  

"Kalau melihat postur dan jenisnya, harga sapi ini mencapai Rp 100 juta. Bobot diperkirakan 1,1 sampai 1,2 ton," ujar dia. 

Budi mengatakan, rencananya daging sapi ini akan dibagikan ke 600 warga yang tinggal di sekitar masjid dan luar desa yang telah mengajukan proposal.

Baca juga: Melihat Sapi Limosin 1,2 Ton dari Jokowi untuk Kurban di Bengkulu

 

"Untuk warga di Gunung Kidul. Sudah ada beberapa proposal yang masuk ke takmir masjid. Nanti dibagi rata seluruhnya," ujar dia. 

Sebelumnya, Kabag Humas Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan, pada perayaan Idul Adha 1440 Hijriah, Presiden Jokowi menyumbangkan dua ekor sapi ke Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Sapi jenis simental dengan berat 1.118 kilogram diserahkan ke Takmir Masjid Nur Ma'unah, Gunung Kidul.

Sapi banpres jenis peranakan ongole (PO) seberat 1.037 kilogram diserahkan kepada Takmir Masjid Istana Negara Yogyakarta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com