Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rebut Pistol Milik Pelaku, Perempuan Ini Gagalkan Perampokan "Money Changer"

Kompas.com - 09/08/2019, 13:34 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Aksi heroik Yonita Djaralodu (27) yang menggagalkan aksi perampokan di lokasi money changer PT Azzarah Maulana, Denpasar, Bali, mengundang decak kagum.

Tak hanya itu, aksi perempuan asal Nusa Tenggara Timur (NTT) itu pun jadi viral di media sosial. Salah satu personel dari Polda Bali, Bripka Bagus Ngurah, memberi penghargaan atas aksi Yonita tersebut. 

Seperti diketahui, pada hari Selasa (6/8/2019), Yonita melawan seorang perampok yang tengah beraksi. Saat itu, dirinya berhasil merebut pistol milik pelaku, yang berinisial RYR.

Setelah itu, dengan pistol milik pelaku, Yonita menodongkan ke RYR yang hendak berusaha kabur.

“Setelah melihat rekaman CCTV yang beredar di medsos, kami sebagai aparat kepolisian kaget dan salut atas aksi yang dilakukannya. Apa yang dilakukan Yonita tergolong sangat berani dan membantu tugas kepolisian,” ungkap Bripka Bagus Ngurah, Ketua Bharaduta Dpandiga Dewata.

Baca juga: Aksi Heroik Seorang IRT Lawan Spesialis Jambret Kaki Palsu hingga Nyaris Masuk Jurang

Dilansir dari Tribunnews, perampokan terjadi pada Selasa (6/8/2019). Saat itu, Yonita sedang berada di money changer bersama salah satu temannya, Aprianus Huru Hadi (26).

Saat itu RYR mengancam petugas kasir dengan menodongkan pistol yang akhirnya diketahui merupakan pistol jenis air softgun seharga Rp 2,8 juta.

“Awalnya kami tidak menyangka pelaku adalah perampok. Kami kira teman, kok bercanda pakai pistol,” ucap Yonita.

Lalu, saat RYR mengancam Aprianus, Yonita segera menyerang RYR dan berhasil merebut pistol milik pelaku.

Baca juga: Mayat Ditemukan Mengambang di Sungai Kali Mas Surabaya, Diduga Pelaku Jambret

“Teman saya masih bingung. Pelaku lagi menyuruh menyerahkan uang sambil menembak kaca kasir. Awalnya saya posisi duduk. Saya sudah tidak berpikir lagi, mati-mati sudah. Saya bangun refleks berusaha merebut pistol tersebut,” tutur wanita asal Sumba Timur, NTT ini.

Saat itu, pelaku sempat panik karena pistol telah berpindah tangan. RYR mencoba kabur, namun digagalkan Yonita.

“Saya cabut kunci motornya. Saya teriak rampok, warga berdatangan dan menangkap pelaku. Datang juga anggota Brimob dan polisi lainnya,” imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Aksi Dramatis Wanita Muda Gagalkan Perampokan Money Changer di Bali, Rebut Pistol Lalu Todong Pelaku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com